Satu Hari di Bandung, Enaknya Datang Ke Tempat Ini

Beberapa hari sebelum kantor saya memberlakukan work from home karena covid-19 yang semakin naik angkanya di Jakarta, saya dan teman-teman datang ke Bandung untuk sekadar melaksanakan ke-BM-an saya untuk ngopi di Bandung. Kamipun melakukan perjalanan ini tidak pakai acara menginap, hanya berangkat di Pagi hari dan pulang di Malam hari. Terlalu memaksakan? Ah tidak juga! Sekarang ke Bandung lumayan cepat, menurut saya.


Kami berangkat dari Pancoran sekitar jam enam Pagi, jalanan pun cukup sepi, atau mungkin kebanyakan pada ke Bandung dari balik kantor di hari Jumat? Satu hal yang membuat perjalanan ini cukup cepat, karena kami lewat Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek yang belum lama ini diresmikan. Dan, kami sampai di Bandung sekitar pukul 10 Pagi, yang dimana kami sempat mampir di rest area sebelum naik ke Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek untuk sarapan selama kurang lebih satu jam.


Karena kondisi perut kami masih sedikit kenyang, akhirnya memutuskan untuk datang ke Alun - Alun Kota Bandung, tentu saja sambil tetap jajan kecil - kecilan di sekitarnya.
APANYA YANG MASIH KENYANG WOEY! HAHAHA.


Tempat makan yang wajib saya datangi kalau ke Bandung adalah Se'i Sapi Lamalera, terkadang saat saya ke Bandung tapi tidak sempat datang langsung, saya akan bela - belain untuk beli makanan mereka lewat ojek online. Asli, makanan di sana tidak ada kata untuk makanan yang tidak enak. Menurut saya porsi mereka cukup untuk dimakan sendiri, kalau dimakan bareng jatuhnya akan lebih enak, soalnya bisa mencoba semua pilihan rasanya, kan?


Memang di Se'i Sapi Lamalera antrenya suka tidak manusiawi, tapi tenang saja kawan! Karena di depannya banyak tukang dagangan yang bikin kegiatan antre kamu tidak bosan. Salah satu jajanan yang saya suka banget adalah telur gulungnya, mencobanya tidak cukup sedikit, karena senagih itu rasanya.


Sehabis dari Se'i Sapi Lamalera, kami memutuskan untuk pergi ngopi, Yumaju menjadi salah satu coffee shop tujuan saya kala itu. Sayangnya, waktu saya datang ke sana cuaca tiba - tiba tidak bersahabat. Iya, seketika hujan turun dengan sangat lebatnya. Padahal tujuan saya ke Yumaju, bukan hanya untuk ngopi, tapi mau foto ala - ala juga. Hahaha. Karena cuaca yang dingin, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba hot caffe latte saja dengan croissant mereka.


Saya sangat suka dengan suasana di Yumaju, selain cuaca Bandung yang memang sedang sejuk, saya rasa kamu juga akan betah untuk lama - lama di sini. Apalagi duduknya sambil kerja, pasti pikiran lancar sekali. Dan, karena kami mati gaya karena cuaca yang tidak juga reda, akhirnya kami memutuskan kembali ke mobil untuk tidur Siang.


Katanya, saat liburan pantang banget untuk tidur Siang. Kalau saya beda cerita, dimana ada kesempatan untuk tidur Siang ya tidur saja. Terkadang bikin badan lebih fresh, kan? Jadi bisa jalan lebih jauh lagi. Karena dalam kamus perjalanan saya, tidak ada kata "pemaksaan" hahah, untuk kamu yang pernah jalan sama saya pasti paham betapa santainya perjalanan saya.

Setelah cukup puas kami tertidur, bila saya tidak salah ingat kami tidur hampir dua jam lamanya. Kamipun memutuskan untuk mencari sesuatu yang manis terlebih dahulu, sebelum kami melanjutkan ke tempat makan selanjutnya. Terminale Gelato & Coffee Espresso menjadi pilihan kami untuk menikmati gelato dengan cuaca Bandung yang sedang hujan, apalah arti cuaca saat mulut sudah berkata?


Waktu juga yang membuat kami tidak boleh lama - lama berada di Terminale Gelato & Coffee Espresso, karena takut tujuan akhir kami keburu tutup, dan perut yang sudah semakin minta diberikan makanan tambahan.


Cuaca Bandung yang masih hujan, meskipun hanya tinggal rintik - rintik yang menyebabkan banyak genangan, tidak membuat saya membatalkan rencana ke Cici Claypot. Apalagi saya sudah penasaran pakai banget dengan menu kolaborasinya bersama KartuPos. Iya, Mie Kriuk Siram andalan Cici Claypot disajikan bersama dengan Cireng Mang Aup, sudah bisa membayangkan rasanya seperti apa? Rasanya tidak bisa digambarkan karena saking sedaap di lidah!

Saya sudah dua kali datang ke Cici Claypot, dan belum pernah kepikiran untuk mencoba menu lain, selain mie kriuk siramnya. Menurut saya, mienya yang cukup besar, tidak membuat saya untuk tidak suka dengan teksturnya. Fyi, saya tidak suka dengan udon karena tekstur mienya yang besar. Mungkin karena mie pada mie kriuk siramnya Cici Claypot tidak lembek, ya? Duh, pokoknya susah sekali untuk mengambarkannya, harus coba langsung, dan kabarkan saya di kolom komentar kalau kamu juga ketagihan seperti saya, ya.

10 comments

  1. Udah pernah ke Bandung, tapi belum pernah ke semua tempat yang kamu sebutkan di atas. Eh kecuali alun-alunnya sih, tapi kan itu bukan tempat mengisi perut ya wkwk

    ReplyDelete
  2. nanti aku kabari kalo aku udah ke cici, soalnya aku ya penasaran
    itu saking gabutnya ya nunggu ujan sampe tidur 2 jam.
    sei sapi ini aku juga penasaran

    ReplyDelete
  3. Wah masih bisa mas ke Bandung dari Jakarta? saya kira karena covid dan PSBB, akses ke jakarta - bandung akan susah. Ternyata normal aja ya.
    Saya udah 4x ke bandung, tapi dari cerita mas oky cuma pernah ke alun-alun, sisanya belum pernah semua hahaa... Mungkin ntar kalau si kecil udah gede, bisa lah jalan-jalan ke Bandung

    ReplyDelete
  4. Rencana ke bandung berantakan gegara wabah corona. Banyak rencana dibuat ingin berkunjung ke banyak tempat di bandung, ingin mencoba es krim di gelato juga, tapi tidak jadi gegara wabah. Beruntung belum booking tempat penginapan.

    Salah satu destinasi yg ingin dikunjungi selama di bandung, selain alun alun bandung tentu aja ke palasari dan lembang. Tapi wabah merubah semuanya.

    Dan untuk soal mi,saya belum mencobanya jadi tidak bisa merasakan bagaimana kontur tekstur dan rasanya.

    ReplyDelete
  5. Salah jam Bewe, hahaha
    Bandung tuh banyak banget tempat yang menarik. S hari kayanya gak cukup deh

    ReplyDelete
  6. One day trip ya. Hehe. Pake acara tidur siang saat hujan pula. Santai kali travellingnya. Jalan2 memang harusnya begitu ya, tanpa target biar santuy.

    ReplyDelete
  7. Percaya gak, gara2 lihat tulisan sei sapi lamamera, dapat ke Bandung aku ajakin manteman kesana.
    Malah temen yg di Bandung blm pernah cobain, untungnya waktu itu gak parah antriannya pdhal pas jam makan siang, dan serius beneran enak, aku suka menu-menunya.

    ReplyDelete
  8. Pinter yang jualan makanan ringan di depan Se'i Sapi Lamalera. pinter memanfaatkan peluang. Atau jangan-jangan satu pemilik....

    ReplyDelete
  9. Boci di dalem mobil, Ky..?
    Kaki nya selonjoran dimanee...??
    Aku juga baru tau dari blogpostnya Oky niih...kalau Jakarta-Bandung B aja.

    Makan enak, Bandung emang jagonya.
    Haaha..bangga, padahal belum pernah makan di semua tempat makan Oky. Pernah diink...nyobain Se'i, tapi beli online.

    ReplyDelete
  10. setuju sih kalau makanan di Bandung nggak ada yang nggak enak, nagih terus. Itu tempat ngopinya kok nuansanya bagus sih, Bandung banget. Aku udah lama nggak ke Bandung juga, kumasukin wishlist pastinya

    ReplyDelete