Jatuh Cinta Pada Se'i Sapi Lamalera di Gigitan Pertamanya

Awal bulan Desember saya pergi ke Bandung untuk kesekian kalinya. Iya, Bandung tetap menjadi pilihan saya untuk berwisata lidah, seperti yang kalian tahu yekan kalau Bandung selalu menghadirkan kuliner baru. Meskipun saya sudah mempunyai beberapa tempat wajib yang didatangi kalau ke Bandung, seperti King Crab di Sudirman Street Night Market dan juga Café D’Pakar.

Pada liburan kali ini saya sangat santai sekali, karena pergi ke Bandung memang niatnya mau jalan-jalan yang dipikirin kemananya pas sampai di Bandung saja. Setelah dua hari di Bandung, ada salah satu teman saya yang bertanya lagi dimana, dan saya jawab dengan baru bangun tidur siang, luar biasa nikmatnya bisa tidur siang dengan cuaca Bandung yang aduhai sejuknya.


Akhirnya, teman saya menganjurkan saya pergi ke Se’i Sapi Lamalera, tanpa bepikir sayapun langsung jalan ke lokasi. Se’i Sapi Lamalera letaknya tidak jauh dari Gedung Sate, dekat dengan lapangan yang disamping Telkom itu, ya. Tempatnya tidak begitu luas, parkiran mobil pun tidak ada sepertinya, kalau parkiran motor ada tapi sudah didominasi oleh driver ojek online. Better kalau pemirsa ke sini tidak usah bawa kendaraan, deh.


Se’i Sapi Lamalera adalah salah satu tempat makan khas Kupang yang ada di Bandung, sayapun pertama kali makan makanan khas Kupang di sini. Menu Se’i Sapi Lamalera terdiri dari Sei Ayam, Sei Sapi, Lidah, dan juga Sei Iga. Sayangnya, waktu saya ke Se’i Sapi Lamalera untuk menu lidah dan iganya habis, padahal saya sampai sana di jam makan siang, lho. Kesal yekan.


Terpaksa saya hanya pesan menu daging dan ayamnya, Se’i Sapi Lamalera juga mempunya berbagai jenis sambal, lho. Ada sambal rica-rica, sambal ijo, sambal matah, sambal lada hitam, dan sambal Lu’at yang khas dari NTT tentunya. Namun, pilihan saya jatuh kepada Sei Sapi Sambal Matah, Sei Sapi Sambal Rica-rica, dan juga Ayam Sambal Ijo.


Menunya terdiri dari ukuran reguler dan juga jumbo, karena saya datangnya berdua, jadinya pilih yang regular saja. Harga di sini masih sangat terjangkau permisa, sekitar dua puluh ribuan, kalau kamu mau ekstra sambal bisa minta tambah dengan tambahan biaya dua ribuan.


Pada penyajiannya diberikan semacam lalapan kembang pepaya dan juga daun singkong, tapi agak percuma buat saya yang kurang suka dengan lalapan tersebut. Tidak lupa juga diberikan kuah kaldu, sayangnya kaldunya tidak begitu terasa.

Se’i Sapi Lamalera sangat pintar dalam memasak dagingnya, karena dagingnya sangat lembut, ukuran potongan dagingnya pas sekali untuk sekali suap, dan tentunya tidak nyangkut di gigi waktu mengunyahnya. Kalau saya ke sana lagi, sepertinya saya akan meminta untuk sambalnya dipisah, tidak dicamburkan dengan dagingnya, jadi bisa saya cocol gitu pemirsa. Duh, membayangkannya saya jadi lapar, deh.


Kalau kamu sedang di Bandung tapi mager datang ke Se’i Sapi Lamalera bisa membelinya lewat delivery di ojek online, sih, tapi saya pribadi lebih suka datang langsung biar makanannya masih hangat-hangatnya kaya hubungan kamu dengan pacar baru kamu itu.

Karena Se’i Sapi Lamalera, saya jadi penasaran dengan makanan khas Kupang lainnya. Apakah pemirsa mempunyai tempat makan khas Kupang yang wajib saya datangi disekitar Jabodetabek? Kalau ada bisa kasih tahu atau kasih tempe juga tidak apa di komentar, ya. Btw, di depan Se’i Sapi Lamalera ada abang-abang yang jualan cilor, lho! Jangan lupa dibeli juga cilornya, karena rasanya tidak diragukan lagi enaknya.

22 comments

  1. kak itu sayur atau kuah bening doang kak?

    ReplyDelete
  2. kak itu sayur atau kuah bening doang kak?

    ReplyDelete
  3. Itu yang sambel matah mantap bener kayaknya...


    Eh tapi ada loh sei yang dilarang. Sei no to drugs. Keymaap.

    ReplyDelete
  4. Wah sambalnya kelihatannya mantap mas ....apa lagi p3desssssss poll

    ReplyDelete
  5. Oh ini makanan khas kupang ya dr judulny aku penasaran, ok nanti dicoba deh kalo ke bandung,dket telkom mh gampang nyarinya.

    ReplyDelete
  6. Makanan kupang ya? Wah kayaknya aku belum pernah makan. Jadi penasaran rasanya gimana. Next kalau ke Bandung kayaknya perlu kesini nich

    ReplyDelete
  7. makannnya kupang banget ya mas, bening....daging........hehehe

    beda seklai dengan makanan di Bengkulu yang banyak bumbu dan santan. tapi aku yakin makanan kupang ini mantab, apalagi disantap di saat hujan, asikkk

    ReplyDelete
  8. Awas salah beli klo ke Halmahera ya kak Oky. Emang enak sih makanan siap saji yang satu ini apalagi klo makannya ditemenin kak Oky yak. Duhhhh sedep banget euy. Nambah nasi berapa piring kak?

    ReplyDelete
  9. Nikmatnyaaaa Oky, apalagi iganya. duh, aku jadi pingin makan iga bakar, tapi di tempatku sekarang enggak ada yang jualan daging sapi, adanya ayam.

    ReplyDelete
  10. Astaga Oky ini cowok toh, selama ini kukira cewek 😅 hahaha *salah fokus*.
    Belum pernah makan masakan Kupang. Tapi sepertinya tidak jauh beda ya dengan makanan lain... Pilihan sambelnya menggugah selera banget 😋 itu bisa pesan bermacam-macam sambelnya? Jadi 1 lauk dengan berbagai jenis sambel gitu? Aihhhh sayang banget lidahnya sudah habis ya. Lidah sapi itu enak banget 😋

    ReplyDelete
  11. Uwaaaaaaaa lumayan banget itu
    Cuma 20k an
    Harganya cenderung murah. Padahal tampilannya cukup mewah ya. Bikin wareg juga

    Oh ya, gak ada penjelasannya ya se'i itu apa

    ReplyDelete
  12. Yg bikin malas makan daging itu soal nyangkut di gigi. Kalau olahannya lembut, layak banget buat dicoba. Duh mana sambelnya macem2. Aku pecinta pedas!

    ReplyDelete
  13. Maaf2 aja nih Ky, pas pertama liat foto lagi didepan makanan dengan pose wajah datar, tiba2 dibawah ada pose yg sama dengan ekspresi tersenyum malah jadi ngakak ini. Aduh.. haha

    ReplyDelete
  14. Murah amat kak cuman 20ribuan dapet daging sapi~

    Aku tergoda dengan lalap daun singkong dan bunga pepaya, favoritku bangettt, apalagi dicocol sambal matah. Duhhhh~~~laper.

    ReplyDelete
  15. Mantap banget tuh kayaknya kalo liat fotonya. Daging sapi dibumbu pedas, lembut pula. Hemm... saya justru suka tuh sama lalapannya. Daun singkong plus bunga pepaya, dududu... bikin ngilerrr :)

    ReplyDelete
  16. Eeh...Kak Oky gak ngingetin kalau mau ke Bandung. Padahal saya kan pesen rice manggo-nya. Eh, masih ada kaan..?? ��

    Padahal saya tuh, beberapa kali lewat depan Gedung Sate, tapi belum pernah lihat tempat makan khas Kupang ini. Lain kali mau cari dan mudah-mudahan bisa mampir untuk menikmati dagingnya yang empuk dan sambal matahnya...yummy.

    ReplyDelete
  17. Ngerasa gagal jadi orang Bandung karena saya baru tahu ada restoran sei sapi lamalera, tapi kalaupun tahu tempatnya kayaknya lebih milih jajan cilor di depannya deh

    ReplyDelete
  18. Aku bolak balik scrol nyari foto sambal luat kalo ada aku penasaran soalnya

    ReplyDelete
  19. Oky keturunan Kupang?
    Aku belum pernah makan di Se'i Lamalera.
    Kalo mau makan daging biasanya paling banter beli sate.
    Wkkwkk...

    ReplyDelete
  20. Daging sapi tapi murah, di Bandung lagi. Wah kayaknya tempat yang cocok buat dikunjungin, nih. Duh, jadi pengin nih. Gue order online ke Jakarta bisa gak, ya? :)

    ReplyDelete
  21. Bandung emang juara buat tempat makan. Banyak resto enak sayang nggak semua ramah kantong. Makanan khas Kupang? Belum pernah nyoba malah. Dulu pas ke sana tertarik dengan beras hitam organik yang dimakan dengan sambal dabu-dabu. Habis itu bingung karena dabu-dabu itu khas Maluku.

    ReplyDelete