Tempat Ngopi di Daerah Setiabudi Jakarta yang Cocok Kamu Jadikan Tempat Untuk Me Time

Kalau mau dingat-ingat kembali, salah satu tempat kopi yang sebelumnya suka saya datangi adalah Starbucks, itupun di tanggal 20 setiap bulannya dengan promo setengah harga andalan mereka. Selebihnya? Beli mocha float di KFC saja sudah cukup. Beda cerita waktu saya masih ada pasangan, pasangan saya sangat suka ke Starbucks, jadinya setiap akhir pekan kami selalu kencan di Starbucks. Meskipun saat itu yang saya pesan hanya green tea latte, itupun di dukung dengan green tea yang sedang menjadi primadona. Menurut saya pribadi, memang green tea latte dari Starbucks sudah sangat nyaman dari segi apapun.

Walaupun kami sudah tidak bersama lagi, dengan alasan dia lebih memilih yang lain hobinya daripada saya. Kegiatan untuk pergi ke coffee shop di akhir pekan tetap saya jalani, meskipun sekarang saya perginya dengan diri saya sendiri, tetap tidak menghalangi kegiataan tersebut. Bukan, bukannya saya belum move on dari mantan saya, tapi memang saya menemukan kebahagiaan dari kegiataan ini. Lagian, siapa dia bisa bikin saya tidak move on? HAH? SIAPA DIA MEMANGNYA? Maaf, saya jadi ngegas.

Teman-teman sayapun sudah paham dengan kecintaan saya akan coffee shop, sampai setiap akhir pekan saya suka ditanya "Lagi di coffee shop mana lo hari ini?" atau saat pulang kerja, teman kerja saya suka bilang "Pulang cepet dari kantor mau makan, nonton, atau ngopi dimana lo?"

Meskipun saya suka pergi ke coffee shop, bukan berarti saya paham dengan kopi, ya. Sebanyak apapun jenis kopi, saya tidak berusaha untuk mencobanya, atau sekadar mencari tahu, karena jenis minuman kopi yang nyaman buat saya tetap es kopi susu dengan gula aren. Atau, kalau coffee shop yang saya datangi tidak menyediakan menu tersebut, saya hanya pesan coffee latte-nya. Karena piccolo, espresso, ataupun cappuccino terkadang mengecewakan saya selayaknya mantan saya yang meninggalkan saya demi yang lain hobinya tersebut.

Saya sangat suka datang ke Coffee shop yang tidak bising, tidak penuh dengan manusia-manusia yang sibuk foto-foto, ataupun yang bicara dengan kencangnya sampai lupa kalau coffee shop tersebut bukan hanya milik mereka. Here are some coffee shop as hidden gems in Setiabudi Jakarta that you can find in the middle of hectic city.

La Boheme's
 



Sebulan terakhir, saya sedang menikmati perjalanan ke Kantor dengan kereta api. Saat saya di Stasiun Sudirman, saya suka check maps untuk melihat apa saja yang ada dekat dari stasiun ini, dan saya menemukan La Boheme's. Tanpa pikir lagi, sayapun bilang dalam hati, "Weekend ini ke sini aja apa, ya?" Belum lagi lokasinya yang hanya 500 meter dari Stasiun Sudirman.

Pertama kali saya tiba di La Boheme's saya langsung jatuh cinta dibuatnya, dengan nuansa coffee shop yang dinominasikan dengan warna putih membuat tempat ini terkesan teduh. Belum lagi dengan pencahayaan yang sangat besar, membuat La Boheme's tidak terkesan sumpek. Untuk kamu yang tinggal di Jakarta, dan mencari tempat untuk staycation bisa juga di La Boheme's, karena tempat ini menjadi lobby-nya hotel tersebut. Apalagi tempatnya yang terletak di jantung kota Jakarta, membuat kamu yang dari luar kota dapat menjelajahi Ibu kota dengan tenang.



Pada kunjungan saya ke sana, saya pesan Irish Coffee Latte sebagai teman saya, ditambah dengan cheese cake slice. Cukup mengeluarkan dana sebesar Rp57.000,- untuk menikmati sore hari saya di La Boheme's. Kalau kamu bosan berada di dalam coffee shop-nya, kamu bisa menikmati kopi di area outdoor mereka dengan pemandangan gedung pencakar langitnya kota Jakarta. Saya pastikan kamu akan berkata, "Ternyata bisa juga menikmati waktu di Jakarta dengan tenang."

Fillmore Coffee


Masih tetap di daerah Setiabudi, saya juga suka dengan Fillmore Coffee yang lokasinya berada di halaman salah satu kostan ekslusif. Coffee shop yang terdiri dari dua lantai ini sebenarnya terlihat sempit, meski memang ukuran tempatnya yang tidak besar. Apalagi untuk lantai dasarnya menurut saya kurang pencahayaan, sedangkan lantai duanya tidak banyak tempat duduk yang setiap saya datang ke sana harus bersabar.




Satu hal yang bikin saya happy kalau ke Fillmore Coffee adalah mereka menyediakan smoothies bowl kesukaan saya. Karena tidak banyak coffee shop yang menyediakan menu tersebut, bisa dihitung dengan jari sepertinya. Jadi, untuk kamu yang tidak suka dengan kopi ada varian lain yang bisa kamu coba di sana. Lokasinya agak ke dalam dari jalan raya, membuat tempat ini benar-benar cocok untuk kamu yang memang lagi mau menyendiri, meskipun lokasinya yang kecil membuat tempat ini terkesan sumpek.

Casa Kopi



Tempat kopi di daerah Penjernihan, yang menjadi satu lokasi dengan Casaliving Hotel membuat saya menjadikan tempat ini sebagai pilihan saat harus kumpul ditengah-tengah. Lokasinya yang dekat dari Stasiun Palmerah, membuat kamu yang tinggal di daerah Tangerang pun dapat dengan mudah datang ke Casa Kopi. Dan, menurut saya, Casa Kopi sama seperti La Boheme's yang menjadi lobby dari hotel tersebut. Suasana di Casa Kopi juga tidak terlalu beda dengan La Boheme's, malah bisa dibilang mirip. Belum lagi ada Atap Rumah Cafe yang membuat tempat ini beragam untuk pilihan makanan beratnya, lokasinya pun ada rooftop-nya, jadi kamu bisa bikin foto ala-ala sedang menikmati senja dan rindu tanpa AFI.



Kalau bisa dibilang, dari ketiga tempat kopi yang saya tulis saya sangat suka ke Casa Kopi karena dia menyediakan Es Kopi Susu Jadoel dan juga Es Kopi Susu Pandan. Dan, yang membuat saya suka dari es kopi susu jadoel adalah, karena menu tersebut merupakan es kopi susu dengan campuran gula aren. Terakhir saya melihat dari Instagram mereka, Casa Kopi akan buka di daerah Setiabudi bulan Febuari 2020 ini, jadi tidak sabar untuk mencoba yang lokasinya di Setiabudi.

Berarti, jika kamu berniat untuk staycation di daerah Setiabudi, saya dapat merekomendasikan tiga coffee shop ini sebagai tempat kopi yang harus kamu coba di daerah Setiabudi. Memang, daerah Setiabudi bukan hanya tempat kopinya yang patut dicoba, terkadang penduduknya juga harus dicoba, sih. Jadi, kapan kamu mau mengajak saya menjelajah coffee shop bareng, nih?

12 comments

  1. I think that the article is pretty interesting, thanks so much for the published piece. We are so thankful. Glad to hear it.

    ReplyDelete
  2. Rekomendasi Mas Oky mantep, nih. Dari tampilan, rasa sampai ambiance cafenya dapet banget. Kawula muda pasti suka ke sini, bawa eman atau gebetan, atau bawa laptop. Semua bisa. Instagramable pula. Sip! Semoga bisa ke sana.

    ReplyDelete
  3. Suka coffee shop yang gak rame. Biar enak buat nglamun #eh
    Huweeee enaaaakk menu2nya.
    Kalau ke sana mau juga mesen smoothies sama ciskeknya nyaam :D Apalagi ciskeknya itu kyknya bakal jd temen ngopi yang sempurna yaa :D

    ReplyDelete
  4. wuaw sayang ya rumah aku gak di daerah jakartaan. sulit terjangkaunya kalau mau ke sana, hahaha
    btw coffee shopnya pada bagus2 ya interiornya. bikin nyaman pengunjung. bikin betah. ingin meninggalkan hati. eaaaa

    ReplyDelete
  5. Saya juga suka coffee shop yang tenang, ga ramai, apalagi padat. Tujuan ke coffee shop biasanya mau nulis atau diskusi bareng teman akrab.

    ReplyDelete
  6. Lohhhh aku baru tau mas oky ternyata inget rindu AFI hahaha.. pada zaman itu mas oky usia berapa? Salah fokus. Btw, bener loh memang juaranggggg banget cafe yg jual smooties bowl

    ReplyDelete
  7. Hmm, enaknya tinggal di kota itu salah satunya pas weekend bisa banyak pilihan tempat hiburan atau tempat bersantai ya. Di kampung boro2 ngecek maps buat cari tempat baru, cari tempat penting aja bisa ga ketemu. Hehe. Cozy banget memang ya kafenya. Menu makanan dan minumannya juga bikin ngiler.

    ReplyDelete
  8. jarang sekali bisa menemukan coffee shop yang bisa untuk me time. Biasanya rame banget. interiornya juga asik banget ditambah menunya yang beragam. JAdi makin seru deh kalau bisa menghabiskan waktu bersantai dan menikmati menu yang nikmat disana

    ReplyDelete
  9. Dia coffee shop/kafe nya nyatu sama hotel ya, jadi emang pas buat staycation, apalagi jekarda blakangan mendung merundung, kalau mager bs ngopi aja ke bawah/depan trus balik lagi ngamar smbl kerja dpan laptop

    ReplyDelete
  10. Wah..coffe shopnya memang keliatan nyaman ya...suasananya terlihat sangat bersih.
    Lihat penampakan moothies bowl-nya jadi pengen nyoleek hihihi, pasti enyaak ya...

    ReplyDelete
  11. hmmm postingan berbau mantan~~ eh kaget lho liat smoothies bowl di tempat ngopi, di sini belum ada tuh yang kayagitu. cheese cakenya itu juga sepertinya lezat ya, terus bisa merasakan tenang sedikit di jkt ey~~

    ReplyDelete
  12. Kamu yakin ini sendirian, Ky..?
    Trus siapa yang motoin?
    Ehehe...sendiri mah status yaa...tapi sahabat banyak yang ngajakin jalan.

    Aku suka smoothies jugaak...
    Looks yummiiii~

    ReplyDelete