Tiga Coffee Shop di Korea Selatan yang Saya Datangi, Salah Satunya Milik Anggota Super Junior!

"Kak, ke Korea lagi, yuk" tanya Dhani kepada saya. Duh, ajakan yang sangat susah untuk dijawab tidak pikirku. "Nanti bayar tiket pesawatnya dibikin cicilan, deh" lanjut Dhani sambil menunggu jawaban dari saya. "Hmm, boleh!" jawabku sangat antusias. Karena dukungan kartu kredit teman saya, dan juga kesanggupan saya untuk membayar, akhirnya terwujudlah bulan April 2019 sebagai kali kedua saya menginjakan kaki di Korea Selatan.


Saya pribadi tidak pernah merasa rugi untuk datang ke tempat yang sama berkali-kali, bukannya beda waktu akan beda cerita juga? Setidaknya menurut saya. Tujuan saya kembali ke Korea Selatan kali ini, untuk benar-benar menikmati masa-masa saya di sana, tidak terburu-buru, dan pergi ke tempat yang saya mau datangi. Meskipun Nami Island belum didatangi juga. Huft. Untungnya saya masih kesampaian untuk datang ke Busan.

Butuh Biaya Berapa Untuk Hidup di Korea Selatan?


Setiap saya pulang dari Korea Selatan, saya selalu ditanyakan ke sana perlu budget berapa, sebetulnya beda-beda, sih, tergantung kalian juga. Berikut hitungan kasar waktu kemarin saya ke sana:


Biaya tersebut sebenarnya masih bisa lebih dihemat lagi kalau kamu mau, ya. Seperti tiket pesawat yang bisa kamu dapatkan mulai dari Rp3.000.000,- dengan pesawat full service saat sedang promo, saat itu saya menggunakan Singapore Airlines tanpa adanya promo. Penginapan selama delapan hari di Seoul saya menghabiskan Rp3.136.934 yang kasarnya selama satu malam saya menghabiskan biaya sekitar Rp300.000,- pemirsa. Itu pun karena ada satu malam saya menginap di hotel yang harga permalamnya lumayan. Kalau VISA, karena saya kali kedua ke sana akhirnya memutuskan untuk mengajukan multiple saja, sebelum saya mengajukan kewarganegaraan sana. Eh, bagaimana? Hahaha

Sebelum saya berangkat, saya baru dapat kabar kalau di sana lagi pada tergila-gila dengan kopi Americano. Akhirnya saya kepikiran, kenapa tidak datang ke tempat kopi di sana saja? Apalagi beberapa anggota Super Junior memiliki coffee shop. Dan, sayapun mewajibkan satu hari harus ada satu tempat kopi yang saya datangi, meskipun kenyataannya tidak demikian, sih. Setidaknya sudah berencana, kan?

Haru & One Day




Haru & One Day adalah tempat kopi yang dimiliki oleh Donghae dari Super Junior, pada kunjungan pertama saya ke Korea sebenarnya saya sudah pernah ke sini. Tapi, karena waktu itu uang saya sudah tipis jadinya tidak beli apa-apa. Hahaha. Alhamdullilahnya pada kunjungan kedua saya dapat kesempatan untuk mencoba cake dan juga minumannya. Sayangnya pada saat saya ke sana Donghae sedang tidak ada, dan lokasi-nya cukup jauh dari tempat saya menginap, jadinya saya tidak bisa setiap hari datang ke sana untuk memastikan ada Donghae atau tidak.



Karena saya datang ke sana saat sudah kenyang, sayapun hanya pesan Iced Latte dan juga Tiramisu Cake. Jujur, Tiramisu Cake di sana enak pakai banget, teksturnya lembut dan rasa tiramisunya benar-benar pas bila disandingkan dengan Iced Latte. Maksud saya, saat kamu memakannya tidak membuat rasa keduanya jadi beda di lidah. Dan, terpenting tidak membuat rasanya jadi "enek" saat memakannya bersama Iced Latte.

Greem Cafe



Salah satu tempat kopi yang sangat unik! Konsepnya seperti sedang ada di dunia kartun, saat kamu foto di dalam Greem Cafe, kamu benar-benar akan terasa lagi di dunia kartun, loh. Perpaduan warna putih dan hitam yang membuat kamu selayaknya berada di dalam sebuah sketsa. Saat datang ke Greem Cafe saya berniat sekalian makan Pagi, kapan lagi bisa sarapan dengan cake dan juga kopi? Biasanya kalau di Jakarta makan Paginya dengan nasi uduk. Hahahaha.



Saya pesan Iced Coffee Lemonade dan juga Chocolate Cake. Satu hal yang saya suka dari Iced Coffee Lemonade adalah tidak bikin kembung, seperti salah satu kopi di Indonesia, ya? Lol. Awalnya saya sedikit takut lambung saya kenapa-kenapa karena belum makan sudah minum yang asam-asam, alhamdullilah perut saya baik-baik saja.

Mouse Rabbit


Seperti Haru & One Day, Mouse Rabbit adalah salah satu coffee shop yang dimiliki oleh anggota Super Junior, yaitu: Yesung. Waktu pertama kali saya ke Mouse Rabbit saya mencoba Oreo Smoothies-nya, yang bisa dibilang seperti Oreo Milkshake, ya. Tidak seperti Haru & One Day, coffee shop dari Yesung ini terletak agak ke dalam dari jalan raya, namun tidak cukup jauh dari stasiun Subway.


Pada kesempatan kedua kali, saya hanya pesan strawberry juice-nya. Atau, harus ada kesempatan ketiga agar saya dapat mencoba kopinya? Ada amin di sini, ya. Saya belum sempat coba kopinya dikarenakan dari Haru & One Day saya langsung ke Mouse Rabbit, saya takut tidak tidur malam harinya gara-gara kebanyakan minum kopi, Hahaha.

Satu hal yang saya suka dengan cake di setiap coffee shop yang saya datangi di Korea Selatan, mereka tidak takut rugi dengan memberikan campuran keju yang benar-benar terasa pada setiap gigitannya. Benar-benar bikin pusing kepala saking enaknya, perkara harganya masih termasuk wajar menurut saya. Setiap coffee shop yang saya datangi, sepertinya menghabiskan sekitar Rp150.000,- bila dirupiahkan, ya. Masih cukup terjangkau bukan?

10 comments

  1. Aku lihat video yucubnya, Ky...banyak banget yang review cafenya personil Suju ini.
    Karena yang buka cafe gak cuma Donghae kaan...Yesung juga.
    Jadi suka dibanding-bandingin gitu deh...
    Banyak yang suka sama cafenya Donghae, karena kuenya yang supeerr lezaaatt~

    Oky - kalo ke Korea lagi, ke kafenya Yesung sama tempat makannya keluarga Kyuhyun yaa...
    Hehhe...

    ReplyDelete
  2. Wisata ke Korea Selatan semakin populer di Indonesia ya, Kak. Days tariknya sebagai daerah wisata saling memengaruhi dengan popularitas grup musik dan drama koreanya. BTW, biayanya sama dengan biaya mudik saya sekeluarga nih. hehehe

    ReplyDelete
  3. Asyik banget foto-fotonya Kak Oky, jadi ngerti deh gimana sekiranya kofisyop di Korsel. Untuk ruangan mirip-mirip di Indonesia ya, aksen yang hitam putih kartun unik sih :3 dan sebagai penggemar tiramisu, pengin cobaih deh cakenya :3

    ReplyDelete
  4. Luar biasa keren nih Kak Oky bisa jalan2 dan bisa nongkrong di coffee shop Korea. Tempatnya instagramable bgt dan harganya juga terjangkau utk kantong pejalan budget milenial kayak kita.

    ReplyDelete
  5. Huaaa. gokil sekali anda, Mas. Bisa mengunjungi beberapa coffee shop di Korea. Tempatnya juga menarik secara tekstur, lebih dari beberapa warung kopi yang saya kunjungi sekarang ini. Harganya juga asyik, nih. Semoga bisa kelak mengunjungi Korea di satu hari. Amin.

    ReplyDelete
  6. terakhir lau ke korea, dan kita ketemuan, yang keluar gibahan terkutuk. Sekarang kayanya happy banget, ya?

    fotonya senyum semua.

    di situ ada promo gratis kopi kalau install aplikasi juga enggak ki?

    ReplyDelete
  7. Wah 150 ribu termasuk cake ya. Lumayan juga ternyata. Biaya hidup di korsel lebih tinggi dari Jakarta kah?

    ReplyDelete
  8. Street foodnya gmana ky? Kayaknya jg seru ya kayak di film2. Sudah ada edisi ini ga di blog ini? Atau lum nyobain? Lum baca2 lagi kecuali yg Busan.

    ReplyDelete
  9. Coffee scene di sana lebih hidup daripada Jepang atau Cina ya, Ky. Wah baru tau Donghae punya cafe, datengin ah, dia salah satu personil SuJu favorit :D

    ReplyDelete
  10. This coffee shop has a beautiful and stylish interior. There are no unnecessary things in there. I will visit it, if I make a trip to Korea.

    ReplyDelete