Akhirnya Tiba di Busan, Korea Selatan

Berawal dari ajakan teman saya untuk ke Korea, akhirnya bulan April 2019 kemarin saya menginjakan kaki untuk yang kedua kali di negara Super Junior tersebut. Senang? Tentunya! Kalau bisa setiap tahun, bahkan setiap bulan saya ke sana, saya mau-mau saja, kok. Untuk membedakan dengan kunjungan pertama, sayapun memilih Busan sebagai kota selain Seoul yang saya datangi.


Sayangnya, saya kurang mencari tahu terlebih dahulu tentang Busan sebelum membeli tiket, yang ternyata Busan itu cukup jauh dari Seoul. Dan, kalau mau ke sana lebih baik kamu membeli tiket dari Jakarta yang langsung ke Busan. Bukan hanya bikin hemat waktu, tapi hemat keuangan juga. Meskipun pilihan terbang dari Jakarta ke Busan tidak banyak, tapi saya sarankan menjadikan Busan sebagai kota pertama kamu di dalam perjalanan saat mau ke Korea Selatan.

Karena tiba di Korea Selatan sudah Sore hari, saya hanya bisa menghabiskan waktu buat menitipkan koper di Seoul Station, dan langsung menuju Express Bus Terminal Seoul untuk pergi ke Busan. Saya pribadi memilih perjalan malam ke Busan dengan niat menghemat penginapan.

Pergi ke Busan Naik Bus, Memang Bisa?


Seperti yang banyak orang tahu, masyarakat Korea Selatan tidak banyak yang bisa bahasa Inggris, dan pekerja di Express Bus Terminal Seoul banyak yang sudah tua. Waktu saya bilang mau beli tiket bus ke Busan dalam bahasa Inggris, saya selalu mendapatkan jawaban dengan bahasa Korea. OTTOKE T_T Bisa kamu bayangkan? Kondisi lelah sehabis perjalanan panjang dari Jakarta, harus menerima keadaan yang bikin amarah mau memuncak.

Awalnya saya sudah mau menyerah untuk tetap tinggal di Seoul, dan mengikhlaskan hotel yang sudah saya booking di Busan. Mungkin kalau saya sedang solo traveling saya akan melakukannya. Karena saya bersama teman, jadinya masih ada yang sedikit membantu dalam kondisi tersebut. Akhirnya, saya hanya menunjukan website booking online tiket khusus warga lokal, yang terdapat tulisan terminal bus Seoul - terminal bus Busan. Dan, sayapun berhasil membeli tiket bus dengan sempurna. Memang bahasa tubuh lebih mudah digunakaan saat traveling.

Kalau kamu bertanya-tanya kenapa saya tidak booking tiket secara online waktu di Jakarta, I DID! Tapi... tidak pernah berhasil, entah karena website-nya yang untuk warga Korea saja, ataupun gagal waktu proses pembayaran. Makanya saya memutuskan untuk membeli tiket secara langsung, dengan bonus sedikit drama lol.

Hello, Busan!

Perjalanan dari Seoul ke Busan cukup memakan waktu sekitar empat jam, seingat saya bus berjalan sekitar pukul 12 malam, dan saya sampai di terminal bus Busan sekitar pukul empat Pagi. Disambut dengan cuaca yang dinginnya kebangetan, belum lagi subway yang mulai beroperasi pukul enam pagi (kalau tidak salah ingat.) Mungkin di Korea tidak ada warganya yang seperti warga Bekasi tapi kerja di Jakarta, jadinya harus naik kereta yang jam lima pagi. Wkwkwk.


Tenang saja kalau kamu tiba di Terminal bus Busan waktu subway belum beroperasi, karena di sana ada Lotteria yang buka 24 jam. Jadinya kamu bisa menunggu di sana sambil mengisi perut, dan juga sambil menghangatkan diri tentunya. Waktu saya menunggu di sana, ada beberapa orang yang sedang terlelap tidur. Mungkin mereka seperti saya yang mengincar perjalanan malam ke Busan agar tiba di Busan Pagi hari.

No comments:

Post a Comment