Akhirnya Tiba di Busan

Berawal dari ajakan teman saya untuk ke Korea, akhirnya bulan April 2019 kemarin saya menginjakan kaki untuk yang kedua kali di negara Super Junior tersebut. Senang? Tentunya! Kalau bisa setiap tahun, bahkan setiap bulan saya ke sana, saya mau-mau saja, kok. Untuk membedakan dengan kunjungan pertama, sayapun memilih Busan sebagai kota selain Seoul yang saya datangi.


Sayangnya, saya kurang mencari tahu terlebih dahulu tentang Busan sebelum membeli tiket, yang ternyata Busan itu cukup jauh dari Seoul. Dan, kalau mau ke sana lebih baik kamu membeli tiket dari Jakarta yang langsung ke Busan. Bukan hanya bikin hemat waktu, tapi hemat keuangan juga. Meskipun pilihan terbang dari Jakarta ke Busan tidak banyak, tapi saya sarankan menjadikan Busan sebagai kota pertama kamu di dalam perjalanan saat mau ke Korea Selatan.

Karena tiba di Korea Selatan sudah Sore hari, saya hanya bisa menghabiskan waktu buat menitipkan koper di Seoul Station, dan langsung menuju Express Bus Terminal Seoul untuk pergi ke Busan. Saya pribadi memilih perjalan malam ke Busan dengan niat menghemat penginapan.

Pergi ke Busan Naik Bus, Memang Bisa?


Seperti yang banyak orang tahu, masyarakat Korea Selatan tidak banyak yang bisa bahasa Inggris, dan pekerja di Express Bus Terminal Seoul banyak yang sudah tua. Waktu saya bilang mau beli tiket bus ke Busan dalam bahasa Inggris, saya selalu mendapatkan jawaban dengan bahasa Korea. OTTOKE T_T Bisa kamu bayangkan? Kondisi lelah sehabis perjalanan panjang dari Jakarta, harus menerima keadaan yang bikin amarah mau memuncak.

Awalnya saya sudah mau menyerah untuk tetap tinggal di Seoul, dan mengikhlaskan hotel yang sudah saya booking di Busan. Mungkin kalau saya sedang solo traveling saya akan melakukannya. Karena saya bersama teman, jadinya masih ada yang sedikit membantu dalam kondisi tersebut. Akhirnya, saya hanya menunjukan website booking online tiket khusus warga lokal, yang terdapat tulisan terminal bus Seoul - terminal bus Busan. Dan, sayapun berhasil membeli tiket bus dengan sempurna. Memang bahasa tubuh lebih mudah digunakaan saat traveling.

Kalau kamu bertanya-tanya kenapa saya tidak booking tiket secara online waktu di Jakarta, I DID! Tapi... tidak pernah berhasil, entah karena website-nya yang untuk warga Korea saja, ataupun gagal waktu proses pembayaran. Makanya saya memutuskan untuk membeli tiket secara langsung, dengan bonus sedikit drama lol.

Hello, Busan!

Perjalanan dari Seoul ke Busan cukup memakan waktu sekitar empat jam, seingat saya bus berjalan sekitar pukul 12 malam, dan saya sampai di terminal bus Busan sekitar pukul empat Pagi. Disambut dengan cuaca yang dinginnya kebangetan, belum lagi subway yang mulai beroperasi pukul enam pagi (kalau tidak salah ingat.) Mungkin di Korea tidak ada warganya yang seperti warga Bekasi tapi kerja di Jakarta, jadinya harus naik kereta yang jam lima pagi. Wkwkwk.


Tenang saja kalau kamu tiba di Terminal bus Busan waktu subway belum beroperasi, karena di sana ada Lotteria yang buka 24 jam. Jadinya kamu bisa menunggu di sana sambil mengisi perut, dan juga sambil menghangatkan diri tentunya. Waktu saya menunggu di sana, ada beberapa orang yang sedang terlelap tidur. Mungkin mereka seperti saya yang mengincar perjalanan malam ke Busan agar tiba di Busan Pagi hari.

29 comments:

  1. lahh cuma segitu doank mas tulisannya.. wahh kentang nih wkwkwkww.. bener-bener cuma "hello busan" hahaha... Saya kira trus ada cerita lainnya di Busan.. atau ada partnya nih wkwkw...

    ReplyDelete
  2. Nungguin lanjutannya, agar bs dapat info juga nih kalau someday dpt rejeki ke korsel

    ReplyDelete
  3. Selanjutnya gimana mas? bisa sampai ke Busan dengan selamat sampai hotel kah?
    Busan itu kayak jduul film itu ya mas? heee

    ReplyDelete
  4. Waaah, hehehe. Saya udah lama nggak traveling dan pengin banget mengawali traveling lagi dengan traveling ke Korea

    ReplyDelete
  5. Gak ada drama tiba2 seperti Train to Busan kan? Catet deh kalau mau ke Busan langsung aja gak pakai ke Seoul. Terus di sana akhirnya ngapain ini?

    ReplyDelete
  6. Astaga, segini doank tulisannya. Ya namanya juga hello. Uda serius menikmati kisahnya dan terhenti, itu rasanya pengen nyubit mas oky, hahaha.. buruan lanjutin woy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar kak sabar, ini mau dilanjutin yaaa hahahah

      Delete
  7. Mas, aku sudah berharap banyak dari tulisan ini. Cuma, anda menuliskan kata proses berjalan dari Seoul ke Busan dan harus dihampiri dengan kata "OTTOKE!". Betewe, apakah tiba-tiba anda bertemu member KPOP di sana? Atau mungkin calon bintang KPOP kan. Kita ga tau juga. Tapi, ya, boleh lah, pengalaman yang cukup menarik juga.

    ReplyDelete
  8. Jalan ke Korea sangat perlu mencocokkan jadwal dan waktu tempuh ya Mas karena untuk kesana cukup jauh. Untuk itu setiap kesempatan harus dioptimalkan

    ReplyDelete
  9. Ih Kak okkyyy lanjutan dong ceritanya... Nungguin nih yg part 2 pas diBusan yah hhi
    Nanti kebawa mimpi karena penasaran wkk

    ReplyDelete
  10. Seru ya kak... akhirnya sampai ke Busan... kalo aku dulu ke Korea Selatan justru mulainya dari Busan, soalnya naek pesawat LCC tapi aku suka Busan, kotanya masih asli dan orangnya juga banyak yang masih asli hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaaa! Aku juga mau balik lagi ke sana hahahha

      Delete
  11. Tadinya kupikir bakal cerita lebih panjang haha, kyk ada yang ngganjel saat berhenti di kalimat itu, mestinya dikasi kata bersambung :D
    Btw senengnya udah dua kali ke Korea, aku kyknya kalau dua kali berkunjung ke negara yang sama jg bakalan mengunjungi kota yg beda. Wah itu untung bisnua bisa beli tiketnya langsung yaaa

    ReplyDelete
  12. Iniii...
    ceritanya ngegantung banget siik....
    Oky,
    Ini pasti ada lanjutannya kaan...??

    Jadikamu ketemu oppa-deul Suju gaak...?
    Ku mau doonk...mechandise Suju, akakkakka~
    **netijen ngelunjaks

    ReplyDelete
  13. ditunggu kelanjutannya mas Oky, belum pernah baca catatan perjalanan teman ke Busan lho ini

    ReplyDelete
  14. Bentar, jadi Busan ini memang jadi main destination elu ye. Lha iya better langsung ke Busan haha. Kalo gue sih sebelum ngetrip bakal banyak cari info dulu, Ky. Yang belum kesampaian aja udah banyak yang gue kepoin wkwkwk.

    If I were you, gue bakal stay semalem di Seoul dan ambil kereta cepat besok paginya. Gue perlu mandi dan tidur dengan proper. Anaknya susah tidur di jalan.

    ReplyDelete