Pengalaman Mengurus Visa Korea Selatan Tanpa Bantuan Pihak Ketiga

Satu tahun yang lalu, saya tidak menduga kalau saya akhirnya membeli tiket ke salah satu kota dan juga negara yang selalu hadir di mimpi saya. Iya, Seoul dan Korea Selatan. Memang saya harus menunggu lumayan lama sampai waktu itu tiba, karena pergi ke sana membutuhkan waktu dan juga kerja keras bagai kuda. Mungkin sebagian dari kamu bisa pergi ke sana dengan mudahnya, tidak seperti saya yang harus menabung berbulan-bulan, serta membeli tiket dari satu tahun sebelumnya.

Setelah sekian lama, akhirnya saya bisa melihat bendera ini langsung di negaranya
Satu hal yang membuat saya kesal dalam rencana jalan-jalan saya kali ini adalah, saya harus menyiapkan VISA sebagai salah satu hal yang wajib agar saya bisa masuk ke Korea Selatan. Dan, mengurus VISA yang saya dengar sangat menyita waktu, sayapun sampai kepikiran untuk menggunakan jasa pihak ketiga agar lebih mudah. Untungnya, saya merasa sayang uangnya, lebih baik untuk saya beli tteokbokki. Hehehe.

Karena saya rencana pergi dibulan Mei, jadinya saya mulai mengurus VISA di awal Maret (dari yang saya dengar kalau mengurus VISA lebih baik tiga bulan sebelum keberangkatan, ya). Awalnya saya mau mengurus VISA bulan Febuari, tapi saya pindah kerja dibulan tersebut, jadinya saya urungkan niat. Iya, agak mepet, kalian jangan begini, ya,

Kalau boleh jujur, mengurus VISA Korea Selatan sangat mudah. Serius. Kamu cukup menyiapkan semua berkas yang diminta oleh kedutaan Korea Selatan. Dan, kamu tidak perlu melampirkan kalau kamu sudah membeli tiket dan juga hotel, karena pihak kedutaan tidak butuh itu semua. Berkas yang dibutuhkan kedutaan, serta biaya yang harus dibayarkan sudah sangat jelas di website Kedutaan Besar Korea Selatan. Terpenting, tata cara pengisisan berkasnya pun banyak sekali di Google.

Pertanyaan yang sering saya dapatkan waktu teman-teman saya tahu kalau VISA Korea Selatan saya approve adalah, “Lo ada tabungan berapa di rekening, Ky?” Hmm, saya hanya menghitung berapa lama rencana saya berada di sana, dengan perkiraan biaya yang akan saya habiskan dalam satu hari, banyak yang bilang sekitar Rp1.500.000,-/hari, Sis. Namun, kenyataan waktu saya di sana tidak sebanyak itu, kok, dan rekening saya waktu mengajukan VISA Korea Selatan sekitar Rp10.000.000,- untuk rencana saya berada di sana selama tujuh hari.

Seperti yang saya bilang, kalau mengurus VISA Korea Selatan ini sangat mudah, dengan catatan semua berkas yang diminta pihak kedutaan sudah ada semua, ya. Saya sampai di Kedutaan Besar Korea Selatan pukul 08.30 WIB, dan loket pembuatan VISA buka pukul 09.00 WIB. Sebelum kamu kedepan loket, kamu akan diberikan nomor antrean oleh security, dan securitynya pun akan membantu melihat berkas kamu terlebih dahulu. Saran saya, kamu datang sebelum loket buka untuk mendapatkan antrean yang lebih manusiawi, ya, karena yang saya dengar kalau sudah agak siang ramai sekali macam Kota Kasablanka di akhir pekan.

Waktu saya memberikan berkas saya di depan loket pun tidak terlalu lama, kalau tidak salah hanya sekitar 15 menit. Dan, kalau tidak salah ingat saya akan dikabarkan tentang status VISA Korea Selatan saya ini sekitar satu minggu sejak pengajuan. Drama pun mulai terjadi waktu saya menunggu kabar tersebut, harap harap cemas, lebih cemas dibandingkan waktu pasangan kamu tidak memberikan kabar dalam sehari, padahal Whats App kamu selalu online.

Setelah satu minggu berlalu kabar baik tersebut tidak datang, saya mulai panik dan juga gelisah. Karena teman saya yang mengajukan VISA Korea Selatan bareng dengan saya sudah mendapatkan kabar baik tersebut satu hari lebih cepat dari tanggal seharusnya. Saya mau berusaha untuk tidak panik, tapi semakin panik waktu saya menerima telepon dari pihak Kedutaan Besar Korea Selatan.

“Halo, dengan Oky Maulana?” sapanya dari balik pesawat telepon, dan saya iyakan pertanyaan tersebut. Sayapun bingung waktu pihak kedutaan bilang, “Kamu sekarang kerja diperusahaan B? Kenapa bukti pajaknya kamu diperusahaan A?” Akhirnya, saya menjelaskan kalau saya baru saja pindah kerja di bulan Febuari 2018, sedangkan bukti pajaknya adalah bukti pajak tahun 2017.

Dan, yang membuat saya mau ketawa saat pihak kedutaan bertanya, “Apakah kantor saya memberikan izin untuk saya pergi ke Korea Selatan?” saya jawab dengan, “Kalau tidak diberikan izin mana bisa saya diberikan surat keterangan kerja dari perusahaan baru saya?” Hehehehe. Bukan hanya itu, sayapun memberikan sedikit alasan kenapa saya mau pergi ke Korea Selatan untuk lebih meyakinkan pihak kedutaan besar Korea Selatan.

AKHIRNYA YA TUHAAAAN!
Mungkin bisa dijadikan pelajaran untuk kamu yang mau mengajukan VISA Korea Selatan tapi status pekerjaan kamu baru saja pindah kerja, ya. Setelah pihak kedutaan telepon saya, tiga hari kemudian saya mendapat kabar kalau VISA Korea Selatan saya statusnya approve. Menurut saya, tidak terlalu sulit untuk mengurus Visa Korea Selatan tanpa bantuan pihak ketiga, Saat berkas yang kamu berikan kepihak kedutaan sudah seperti yang mereka minta maka jalan kamu untuk sampai ke Korea Selatan akan dimudahkan.

Fyi, untuk kamu yang sudah terlanjur membeli tiket saat kamu mau pindah kerja, ada baiknya kamu bilang kepada calon perusahaan baru kamu agar diberikan izin seperti saya. Dan, bilangnya saat kamu dalam proses melamar kerja, jangan bilang waktu sudah diterima kerja, ya. Apakah kamu sudah siap untuk mengurus Visa Korea Selatan tanpa bantuan pihak ketiga?

21 comments:

  1. finally. akhirnya dibahas tentang visa.
    semoga visa aku tembus untuk tahun depan ya. 3 bln sebelum keberangkatan uhuy

    ReplyDelete
  2. Udah banyak yang "diem-diem bae" terus tau-tau ke Jepang, ke Korea, ke Cina. Gue sering jalan-jalan tapi ke situ-situ aja :(

    Masih susah nabung, nih.

    ReplyDelete
  3. wuah, aku sih siap ke korea. siap mimpinya, tapi lainnya belum apa-apa, hehe.

    nanyanya hampir kayak diinterogasi ya. wajar sih, mereka ingin tetap aman, baik pengunjung maupun negara tujuannya.

    ini... pas nanti mau ke Kore, hmm mau buka jastip bang?
    hehe, tapi aku gak ikutan jastip kok, haha

    ReplyDelete
  4. Artikel ini boleh aku share ke temen kantor mas ? Kebetulan pada mau ke korsel nih beberapa temen..
    Soalnya mereka masih bingung cara mengurus dan mudah atau sulit prosesnya
    Saya malah pengen ke Jepang daripada Korsel

    ReplyDelete
  5. akhirnya yaah setelah sedikit drama bisa melenggang dengan lega ke korea selatan. nanti buka jastip gak nih sis?

    ReplyDelete
  6. Siaaap! Tinggal nunggu rejeekiii untuk JJS ke Korsel salah satu bucket list yang pengen gw tuntasin

    ReplyDelete
  7. Wah kak Oky beneran pejuang ye. disaat semua orang males ngurusin VISA kak Oky bela belain ngurus sendiri. emamng sih perjuangan ngelengkapn syaratnya memang luar biasa nungguin aprovenya ngeri ngeri sedep tapi itulah asiknya ya kak

    ReplyDelete
  8. Kalo caranya semudah itu, kenapa pihak ketiga masih ramai peminat ya?

    Hmm... Mungkin karena merasa mampu bayar dan sayang waktu yang terbuang kali ya...

    Ciee yang abis liburan.

    ReplyDelete
  9. Ditunggu tulisannya tentang Korea Selatannya.
    Seoul.
    Dan para oppa~


    Yeeay~

    ReplyDelete
  10. Ternyata tidak sulit mengurus visa ke Korea Selatan, hanya perlu melengkapi persyaratan yang diperlukan. Ditunggu cerita selama di Korea Selatan, pastinya tak akan kalah seru.

    ReplyDelete
  11. Wah... sudah mau ke Korea saja, nih. Selamat dan semangat!!!!

    Menarik juga kalau bisa mengurus Visa sendiri. Aku termasuk tipe yang sayang melewatkan pengalaman semacam ini dan harus bayar mahal pula. Hahahaha....

    Apapun itu, rencana travelingku harus dipostpone paling cepat 2 tahun setelah debay lahir. Itu artinya masih 2021 nanti.

    ReplyDelete
  12. Asyiiik nih akhirnya menginjakkan kaki ke Kota Seoul, ternyata begitu ya mengajukan Visa,makasih sharingnya, mudah-mudahan saya juga bisa ke Korsel untuk bertemu para oppa

    ReplyDelete
  13. whoaaa, jadi pingin segera ke Korsel nih karena pengurusan Visanya mudah banget. beda dengan visa eropa. sepertinya di medan ada konsulat korse juga jadi aku bisa ke sana

    ReplyDelete
  14. Kalo freelancer gimana? Harus pakai SPT pajak jugakah? Denger2 bisa ditolak juga visa Korea

    ReplyDelete
  15. korea cuyy...aku mau juga ke sana mas, sayang belum pas waktu kayaknya. isanya juga belum ada heheheeee

    ReplyDelete
  16. Wah ternyata perjuangan untuk mendapatkan Visa Korea Selatan tanpa pihak ketiga lumayan mudah ya..
    Kak Oky beruntung bangeet, bisa dapat izin liburan, padahal pegawai baru di tempat kerja yang sekarang, kan, ya? Hihihi

    ReplyDelete
  17. Terima kasih mas infonya. Alhamdulillah ya negara impian akhirnya bisa dikunjungi. Seru jg kisah ngurus visanya, aku jg suka kepoh brp rekening supaya diapprove, infonya mayan lengkap TFS :D

    ReplyDelete
  18. Salah satu temen saya juga udah membuktikan kalo ngurus visa korea selatan guampang sangad. Terkadang masih ada yang parno, jadi bawaan panikan, alhasil jadi ribet dah.

    ReplyDelete
  19. Alhamdulilah akhirnya tetap bisa lanjut ya..ke Korea
    Noted . Kalo pergi kudu ngurus visa jauh2 hari..

    Walau gampang ..sebaiknya kita tetap priper....gak tau beberapa hari aja ada kebijakan baru iya kan..

    ReplyDelete
  20. Inget banget gue dramanya ini tapi ga sia2 sih. Liburannya mantap. Eh tau2 asa yang beli tiketnya

    ReplyDelete
  21. ini templete blog depan awal home nya bagus deh jadi kayak instagram scrollnya..keren!

    ReplyDelete