Beberapa Cara Membersihkan Sepatu Sepakbola

Sebelum membahas cara membersihkan sepatu sepakbola, sudah tahukan sebentar lagi ada pertandingan sepakbola Timnas Indonesia vs Islandia? Mau beli tiket timnas Indonesia vs Islandia? Tenang, beli aja di Bukalapak. Tanpa harus antre dan ribet panas-panasan, kamu bisa beli online di Bukalapak, lho. Bukalapak merupakan mitra jual tiket Timnas Indonesia vs Islandia resmi yang akan memudahkan kamu.

Menjadi pesepakbola merupakan sebuah profesi yang sangat terkenal di dunia, khususnya di Indonesia. Selain baju olahraga atau yang biasa dikatakan dengan sebutan Jersey, seorang pesepakbola membutuhkan sebuah sepatu yang mana adalah sebuah senjata bagi mereka. Tahukah anda bagaimana fisik dari sepatu sepakbola? Iyap, mungkin bagi wanita yang tidak begitu mengerti tentang dunia sepakbola akan mengatakan bahwa sepatu tersebut dengan sebutan sepatu dengan beralas lincip.

Olahraga sepakbola sendiri adalah sebuah olahraga yang populer dikalangan anak kecil hingga orang dewasa serta laki-laki dan perempuan. Selain juga populer, olahraga sepakbola ini terbilang cukup mudah dan murah untuk dilakukan. Untuk peraturan dasarnya sendiri terbilang gampang, menendang dengan cara yang benar dan masuk ke gawang adalah hal yang mudah untuk dipelajari. Di samping itu juga, sepakbola merupakan sebuah olahraga yang  memiliki dua fungsi, yaitu selain untuk olahraga juga merupakan pilihan yang tepat untuk bermain.

Credit Photo: Pixabay
Sudah disebutkan bahwa sepatu sepakbola adalah sebuah perlengkapan yang amat sangat penting bagi pesepakbola dan merupakan senjata nomor pertama untuk mereka. Sepatu olahraga sendiri memiliki desain dan dibuat dari material khusus karena olahraga tersebut dilakukan di lapangan rumput. Desain yang digunakan mereka sangat unik sekaligus coraknya tidak kalah mentereng. Mungkin diantara kalian tahu bahwa sebagian besar dari pesepakbola mengenakan sepatu yang berwarna cerah atau gonjreng.

Karena material yang khusus tersebut dibutuhkan teknik pencucian dan perawatan tersendiri. Meskipun digunakan di lapangan terbuka dan berumput tebal sepatu jenis ini tidak boleh dicelupkan ke dalam air saat dicuci. Oleh karena itu, kita harus hati-hati dalam merawatnya. Berikut beberapa cara untuk kamu yang kurang paham bagaimana membersihkan dan merawat sepatu sepakbola:

1. Bagi anda yang baru membeli sepatu sepakbola, sebaiknya oleskan terlebih dahulu lotion di kaki kamu demi mencegah kemungkinan lecet saat mengenakannya. Dan, setelahnya gunakan selama 30 menit agar kaki bisa menyesuaikan dengan sepatu tersebut.

2. Sebelum mencuci sebaiknya kamu melepaskan semua tali sepatunya dan mengambil kotoran lumur yang menempel. Hal tersebut kamu dapat memanfaatkan sikat atau alat bantu lainnya. Namun jangan terlalu keras saat menyikat sepatunya, lakukan seperlunya saja. Yang maksudnya adalah kamu dapat memastikan bahwa lumpur dan noda yang menggumpal di sepatu bisa terlepaskan dan tidak menempel berlebihan lagi. Cara tersebut adalah cara yang cukup membantu untuk meringankan proses pembersihan berikutnya sehingga bisa membersihkan dengan maksimal.

3. Mencuci sepatu sepakbola tidak bisa menggunakan detergent, anda bisa menggantinya dengan cairan pencuci piring. Caranya adalah dengan melarutkan cairan pencuci piring ke dalam air hangat kemudian mencelupkan dengan kain bersih. Kain bersih yang sudah dibasahi cairan pencuci piring tersebut yang digunakan untuk mencuci sepatu yang kotor tadi. Usapkan lap basah secara perlahan dan merata di seluruh bagian sepatu sehingga semua kotoran mulai luntur. Air yang digunakanpun sebaiknya air hangat bukan yang panas ya, cukup dibasuh bukan mencelupkan sepatu ke dalam larutan sabun.

4. Karena membasuh sepatu tersebut lap yang bercampur dengan sabun cair akan menimbulkan bekas pada sepatu. Oleh karena itu, untuk menghilangkan bekas sabtun tidak dicelupkan ke dalam air ya, cukup menggunakan lap basah oleh air bersih untuk mengangkat sisa-sisa sabun yang menempel. Jika sudah bersih baru deh dikeringkan. 

Nah dari keempat tips tersebut, diharapkan bisa bermanfaat buat para pesepakbola pemula atau pesepakbola cilik. Semoga bermanfaat. Dan, buat kamu yang ingin menonton pertandingan sepakbola timnas Indonesia melawan Islandia, Bukalapak menyediakan dan menjual tiket timnas Indonesia vs Islandia. Yuk diborong!

1 comment:

  1. cairan pencuci piring bagiku lebih ampuh buat nglinagin nida di sepatu OR
    entah apa panjang rantai hidrokarbonnya yang unik ato gimana

    ReplyDelete