Mencoba Memahami Kids Jaman Now Lewat Film My Generation

Saya masih ingat sekali waktu saya memutuskan untuk mengambil jurusan kuliah sistem informasi dibandingkan dengan jurusan yang orang tua saya mau, orang tua marah? pastinya, dong. Apakah saya tetap mengikuti mereka? Tentunya tidak. Akhirnya saya memutuskan untuk bekerja terlebih dahulu, setelah itu saya baru kuliah dengan uang hasil keringat saya sendiri.

Awalnya terasa sangat berat, bagaimana tidak berat? Saya bekerja dengan jam kerja yang berbeda-beda, kadang masuk pagi, kadang masuk siang, belum lagi kalau lagi dapat jatah masuk malam. Untungnya kampus saya sangat baik, kampus saya menyediakan jam kuliah pagi dan malam, jadi saya bisa kuliah dengan menyesuaikan jam kerja saya.

Dan, apakah kamu tahu? Sekarang saya bekerja tidak ada hubungannya dengan jurusan saya waktu kuliah, sampai orang tua saya bertanya sebenarnya saya mau jadi apa. Sekarang, saya hanya mau jadi bahagia, itu saja. Btw, saya jadi ingat dengan salah satu film karya kak Upi yang akan mulai tayang bulan depan, judulnya My Generation.


Waktu saya membaca sinopsisnya, saya langsung berniat mengajak Ibu saya menonton film ini, karena jalan ceritanya hampir mirip dengan saya, atau jangan-jangan kak Upi terinsipirasi dari saya? Wkwkwk. Film My Generation bercerita tentang empat sekawan, bukan, ini bukan film lawak itu, ya. Empat sekawan ini adalah Suki, Konji, Zeke, dan Orly yang bercerita tentang orang tua mereka yang selalu menuntut anak menjadi seperti apa yang orang tua mereka mau.


Menurut saya, kids jaman now sangat unik, mereka bisa mencari apa yang mereka dengan mudah. Dulu, saya hanya mengandalkan google untuk mencari, sedangkan kids jaman now bisa melihat apapun dari Youtube, mau melihat profesi ini atau itu dari sana juga. Lah, saya dulu tahunya profesi IT ya yang kerjaannya berhubungan dengan komputer saja, padahal Ya Tuhan saya kuliah hampir empat tahun dengan jurusan sistem informasi saja rasanya kaya mau mati.

Jadi, tidak perlu lagi orang tua membandingkan kehidupan mereka dengan anak-anaknya, betul, kan? Zaman dulu sama zaman sekarang kan beda, seperti Raisa Andriana dengan Ayu Ting Ting, meskipun mereka sama-sama penyanyi, tapi tetap saja berbeda.



Saya pribadi tidak sabar sekali dengan film My Generation yang akan mulai tayang tanggal 9 November 2017, kamu juga, kan? Jangan lupa ajak orang tua kamu ya untuk menonton film ini, agar mereka bisa lebih terbuka dengan jalan pikiran mereka, kalau tidak mau mengajak juga tidak apa-apa, saya kan tidak memaksa.

Photo and trailer My Generation credit to 21cineplex

19 comments:

  1. kids jaman now emang diberkahi dengan banyak kemudahan, khususnya dalam akses informasi. cuma kadang ya jadi bumerang juga kalo nggak bijak menyikapi. kalau tentang orang tua yang maksain keinginannya ke anak-anak mereka sampe sekarang aku masih banyak jumpain ortu seperti itu. untungnya dulu ortuku ngebebasin aku mau kuliah jurusan apa.

    btw ini film baru mau tayang tanggal 9 november nanti ya, tapi hebohnya di sosmed tentang film ini udah dari kemarin-kemarin yaaak :D

    ReplyDelete
  2. aku pengen banget nonton ini nich penasaran. Kayaknya seru kalau lihat film jaman now ahahhaa.

    ReplyDelete
  3. Aku penasaran ama film ini. sama penasarannya sama mango sticky rice bekal dari nyokap. kayanya seru nonton film ini sekalian bawa #BekalDariNyokap

    ReplyDelete
  4. Aku juga penasaran dengan nih film. Seru pastinya ya, semoga fim My Generation banyak menebar manfaat untuk para penonton

    ReplyDelete
  5. Ini nih film yg aku tunggu2 di bulan november, selain film justice league ^^.

    Sungguh penasaran terhadap filmnya yg akan membahas suasana tahun 90an, apakah kehidupan di tahun 90an sama dgn kehidupan thn 90an yg aku alami? Jadi penasaran pengin nonton segera ^^

    ReplyDelete
  6. duhlaaaaah... orangtuaku bukan penonton bioskop
    percuma ngajakin mereka ke sana
    padahal ya mereka harus tau juga sih
    soalnya aku juga hampir sama kayak mereka2 yang harus disamakan dengan konsep ortu
    lalu sampai sekarang aku masih nurut dan nggak mau berontak, hehehe

    aku aja lah yaaa yang nonton film ini
    buat pembelajaran diri sendiri kalau ntar udah punya anak
    eh emang suami sudah ada? :D

    ReplyDelete
  7. Ceritanya nampak seru sekali ya, wajib ditonton bersama dengan orang tua. Sehingga baik anak dan orang tua bisa saling memahami keadaan saat ini yang sudah banyak perubahan dengan zaman dahulu.

    ReplyDelete
  8. Oky jaman now jualan mango sticky rice! #eh :D

    ReplyDelete
  9. Film kids jaman now ini bagus banget dimana wajib ditonton oleh orang tua beserta anak anaknya supaya orang tua dan anak tau permasalahan yang dihadapi oleh remaja masa kini dan keluhan apa saja yang dirasakan oleh sang anak jaman sekarang.

    ReplyDelete
  10. Kok rasanya kurang sreg..dengan film, kesannya orang tua yg salah dan nggak memahami anak..dan orang tua harus nonton ini dan nurutin kemauan..anak..

    Semoga penonton bisa memetik hikmah dari film ini...

    Khawatir anak2 remaja sekarang protes sama ortunya dirumah..malah "ngelawan"..

    Ini pendapat ku sih .

    ReplyDelete
  11. Gaung tentang film ini sudah bertebaran di linimasa saya sejak beberapa waktu lalu. Memang buat penasaran! Pasti banyak hal baik yang bisa diambil manfaatnya dari film itu.

    ReplyDelete
  12. Ahaaha.. Jurusan sistem informasi yeas,aku tau gmn rasanya. Blm tuntas Ngertiin bahasa kalbu, ini hrus jg ngertiin bahasa komputer yang lebih sensitif dr anak remaja. Kurang titik koma aja, dia mogok, gda kurung tutup gak mau jalan, apalagi kali codingnya semau kita, bisa ngmbek permanen programnya gak mau running.
    Kids zaman now memang generasi yg kalo ada apa2 tuh gk bisa terima gitu aja, hrus disuarakan.

    ReplyDelete
  13. Asli penasaran banget sama film ini. Beneran ingin tau secara mendetail tentang kids jaman now. Apalagi film ini konsepnya bagus banget kan ya, ada pesan moril di dalamnya tentang bagaimana cara mendidik dan memahami anak dengan baik.

    ReplyDelete
  14. Jadi film ini tentang keresahan kids jaman now ya... Baik untuk pelajaran memahami anak zaman sekarang nih *ya Allah kalimatku 😫 berasa tua banget*

    ReplyDelete
  15. Sungguh ini adalah film yang promonya terpanjang di sejarah sosmed lama banget dan banyak banget. Sampe-sampe nggakpenasaran sama filmnya karena kebanyakan promonya wkkww

    ReplyDelete
  16. Keren euy, kuliah bayar olangan, hehe. Kids jaman now emang beda banget ya. Pi, saya cocok nggak ya liat film ini?

    ReplyDelete
  17. Kalau dipikir-pikir, sebenanrya permasalahn film di My Generation sudah sering diangkat dengan tema sama, pemberontakan masa remaja. Di berbagai zaman sebenarnya banyak. Harusnya sih ada pembeda yang membuat generasi ini cara berontaknya, karena pada saya sekolah putih abu dulu, permasalahan yang dihadapi sama kalau saya liat trailernya aja sih. Tapi nanti deh coba nonton kalau udah tayang

    ReplyDelete
  18. Akumah nunggu tayang di tipi aja ah.. Ga doyan nonton bioskop sih.. Sering ketiduran kalau di bioskop, kan ga enak sm yang ngajak *eh hihihihi

    *ajakin nonton ya ky -lah

    ReplyDelete
  19. Setiap anak mempunyai zaman masing masingnya.. Dan kelak aku yakin mereka juga bisa membuat dunia ini cerah.

    ReplyDelete