Dua Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan Saat Teman Kamu Ulang Tahun

Untuk sebagian orang, ulang tahun adalah salah satu hari yang paling ditunggu selain hari gajian. Kalau saya pribadi lebih menunggu hari gajian dibandingkan ulang tahun saya, kamu lebih menunggu hari yang mana, nih? Apa? Lebih senang menunggu hari dimana saya dan kamu bisa menjadi kita? Pret. 

Credit Photo: Pixabay
Apa yang biasanya kamu lakukan saat ulang tahun? Saya biasanya pergi ke tempat makan yang menjadi tempat makan kesukaan saya, contohnya tempat makan pecel ayam. Btw, sudah sejak lama saya mematikan notifikasi ulang tahun di semua social media saya. Bukan, bukannya saya tidak mau teman-teman saya mengingatnya, tapi ada dua hal yang membuat saya malas kalau teman-teman saya mengingat hari kelahiran saya. Kamu mau tahu dua hal apa saja yang membuat saya malas? Sini yuk saya ceritakan!

Traktir

Saya tidak tahu ini hukum dari mana, kalau yang berulang tahun harus traktir. Aneh, kan? Saya tidak mengharapkan kado, tidak sama sekali, kecuali dari pasangan saya. Wkwkwk. Teman saya ingat akan ulang tahun saya saja sudah senang, namun terkadang dibuat tidak senang dengan pertanyaan “Jadi kita makan-makan dimana, Ky?” Memang, dia hanya bertanya mau makan-makan dimana, tapi saya tahu kalau itu sebuah kode untuk minta ditraktir. Iya, kan?

Dulu, waktu saya kecil, hari kelahiran adalah hal yang paling saya suka, karena pada hari itu Ibu saya akan membuat acara di rumah, dan teman-teman saya datang membawa hadiah. Dan, sekarang saya tahu, kalau membuat acara tersebut Ibu saya harus keluar uang. Ternyata benar, kalau kebahagiaan bisa dibayar dengan uang. Hiks.

Dikerjain

Dikerjain dalam batas wajar sih masih dimaafkan, ya, seperti dibuat menunggu terus teman yang sedang ulang tahun kesal. Bukannya malah dikerjain sampai diikat ditiang listrik, terus dibuat cemong, malah ada yang lebih parah sampai disiram air comberan. Hati nuraninya dimana coba? Dan, sudah banyak korban sampai meninggal dunia kan gara-gara dikerjain waktu ulang tahun.

Mau niat kamu baik atau tidak, selama dikerjainnya dalam batasnya tidak wajar sih namanya gak punya otak, memangnya kamu tega kalau sampai kehilangan teman karena sesuatu yang konyol?

Traktir dan dikerjain, sepertinya sudah menjadi satu kesatuan yang selalu didapatkan pada seseorang yang sedang berulang tahun. Terkadang, meskipun hari ulang tahunnya sudah lewat saja masih tetap ditagih untuk traktir. Bukankah sebuah ucapan “selamat ulang tahun, semoga panjang umur” termasuk doa? Lantas, kenapa sehabis mendoakan pada minta ditraktir? Mendoakannya tidak ikhlas? Atau bagaimana?

21 comments:

  1. iya tuh
    ah elah indonesiaaa


    aku juga udah sejak SMP mematikan fitur notifikasi ultah di semua medsos. sebel sih gara2 orang2 pada sok-sokan ngucapin ulangtahun, itupun diingetin fb. aku lebih suka sama teman yang memang dasarnya inget sama hari ulang tahunku, meski ngucapinnya telat, tapi dia lebih tulus

    kalau ada yang minta traktiran, sementara aku anggap angin lalu... hahaha

    ReplyDelete
  2. ia tuh mas, aku juga sangat tidak setuju dengna penyiksaan yang dilakukan kepada orang yang sedang ulang tahun. kan kasihan kalau teman yang ultah diceploki telor, atau disiram comberan, atau diceburin ke kolam kotor. dari dulu aku ga pernah mau ikutan yang begitu

    ReplyDelete
  3. Sudah sering kejadian kalau ngerjain itu selain konyol ga guna, bahkan bisa mengambil nyawa. Pernah kan yang ultah diiket di tiang listrik trus disiram air dan telor busuk. Kelojotan dan tewas ditempat. Apa ngga tau ya pada orang2 ??

    ReplyDelete
  4. Biasanya yang sering dikerjain pas ultah orangnya populer, aku seh pernah dikerjain sekali doang pas kuliah dua temdn nginap begadang bikin tugas pas jam 12 eh orang neh antri kmr mandi mnta ditemenin lngsung deh dijerjain disrm air untung nggak sampai basah kuyub

    ReplyDelete
  5. saya termasuk yang paling laku disewa kalau mau ngerjain temen ultah.
    dulunya bangga, kalau bisa ngerjain temen ampe nangis
    sekarang, malu sendiri,

    sekarang saya termasuk yang kontra. saya tidak setuju, sudah mereka ulang tahun bukannya bahagia malah sengsara jadi rasanya tidak ingin ultah saja kalau gitu

    ReplyDelete
  6. Alih-alih dapet kado, justru suruh nraktir. Kalau lagi banyak dana nggak namun kalau tiada? Kebahagiaanku berkurang kisananak

    ReplyDelete
  7. wkkwkk...ikhlas, Ky...ikhlas doain dan melorotin uang kamu supaya solider, berbagi kebahagiaan dengan cara makan-makan...

    Tapi kalo temenmu ultah, kamu juga gak minta traktir gittuu...?
    Biasanya temen-temen begitu karena kamunya juga melakukan hal yang sama.
    Wkkwkk....im sorry to say...

    ReplyDelete
  8. Saya setuju dgn kedua poin tsb, karena menurut saya mengerjain orang yang lagi ulang tahun itu ENGGAK BANGET... Kenapa? Karena bisa membuat orang tsb jadi trauman ulang tahunnya, ngerjain boleh, tapi ya jangan keterlaluan..

    Misalnya, dengan mengikatnya di tiang bendera, lalu dibuka bajunya, terus diteplokin telur, tepung, lalu ditinggalkan begitu saja...

    Itu kasihan...

    ReplyDelete
  9. Kalau aku gak suka ulang tahun karena umurnya bertambah 😐 tambah tua itu menyebalkan hahaha

    ReplyDelete
  10. Ngeselin kalo ada orang tetiba datang minta ditraktir pas lagi bokek-bokeknya pula. Hahahaha

    Aku kontra banget tuh sama yang ngerjain waktu ultah, apalagi sampe dilempar telur busuk. Huh.

    ReplyDelete
  11. ulang tahun sama traktirin kayaknya sudah menjadi tradisi di indonesia mas.

    kalau ngerjain atau dikerjain saat ulang tahun ada kesel ada senangnya. senengnya ada yang inget kita ulang tahun, kalau keselnya terkadang ngerjainnya sampai berlebihan, tak masuk akal.

    ReplyDelete
  12. Cieeeee kak Oky sudah punya pasangan! aku juga ngga tahu asal muasal ulang tahun mesti partieh, tapi biasanya aku akan bilang, klo jatah makan akan disesuaikan dengan kado, akhirnya pada mundur satu satu. bukannya pelit tapi malesin aja klo tiba tiba ngga kenal deket terus minta traktir bukannya ngasih doa

    ReplyDelete
  13. Penyiksaan berkedok perayaan ulang tahun ini memang bullying parah. Dari dulu saya gak pernah ikut perayaan macam itu. Entah karena saya baik hati atau emang nggak kenal sama yang ulang tahun. Wk

    ReplyDelete
  14. Akun sosmedku jd gak nampilin ultah. Waktu sekolah jg jarang yg tahu sih, walau kadang rindu ada yg ngucapin ultah. Kado? Blas gak ada. Eong jarang yg tahu, kagak ngarep kado lah

    Tentang dikerjai dan meninggal di hari ultah, dulu ada kejadian kaya gitu di Jepara. Dia masuk ke air, gak bisa renang, lewat

    ReplyDelete
  15. Memang bener, kalau ada yang ultah,pasti kata pertama yang keluar, kapan makan-makannya?
    Udah gitu, biasanya yang ultah dikerjain.
    Untuk beberapa orang,kalau dikerjain bisa menjadi kenangan indah. Tapi kalau yang sampai keterlaluan, ya, memang sebaiknya gak dilakuin.Bahaya!

    ReplyDelete
  16. Dlu aku pernah didieumin sm bang mantan gara2 buat surprise di hari ultahnya sm temen2 dia marah gara2 diceplokin telor. Pdhal niatnya sih pngen bkin lucu2an eladalah beliau gk suka trnyata.

    ReplyDelete
  17. Wkwkwk... dikerjain pake tepung dan air itu palngg nyebelinnn

    ReplyDelete
  18. Pernah sekali dikerjain saat ultah..wkt skul
    Diceplokin telur dab tepung
    Sebel banget
    Hilangin bau amis telur susah
    Sekarang di ktr yg ultah dikasi kue dan kado
    Lebih bermanfaat hahaha

    ReplyDelete
  19. Minta traktir kalo pas kita ada rejeki lebih sih ngga apa2 hahahaa

    Dikerjain. Duh masalalu bgt bahahaha.

    Too old.

    ReplyDelete
  20. Menraktir sama dikerjain lebih sering drpd dapet hadiah. Fiuh.

    ReplyDelete
  21. haha, aku juga pernah pas sd di guyur air seember dan hasilnya baju basah kuyup kayak udah kejebur di kolam, untungnya hari sabtu jadi minggunya libur gak sekolah.. tapi ya hasilnya kedinginan sampai rumah..
    itu asyik sih cuma kalau sampai pakai tepung, telor atau air comberan sih keterlaluan ya menurutku.. hhe

    ReplyDelete