Tetap Bisa Menghasilkan Foto yang Bagus dengan Kamera Handphone Pada Saat Jalan - Jalan

Pada hari Jumat, tanggal 14 April 2017 kemarin, saya dan teman-teman pergi ke Bandung. Memang, rasanya sayang sekali kalau ada jatah libur, apalagi jatah libur yang jatuh pada saat long weekend, dan saya tidak kemana-mana. Makanya saya langsung kabur ke Bandung.

Saya berangkat ke Bandung dari Jakarta pada hari Kamis, tanggal 13 April 2017 setelah selesai bekerja. Singkat cerita, saya sampai di Bandung pada saat waktu sudah mulai memasuki waktu salat subuh. Saya dan teman-teman pun bersiap diri untuk melanjutkan perjalanan ke tujuan kami.

Sebelum sampai ke tujuan, kamipun mencari sarapan terlebih dahulu. Karena waktu masih Pagi, makanya tempat makan yang sangat mudah kami temukan tukang bubur, sayangnya tukang bubur ini belum naik haji.

Dan, sudah menjadi sikap masyarakat Indonesia yang melakukan foto makanan terlebih dahulu sebelum memakannya, karena berdoa sebelum makan sudah terlalu mainstream. Pada saat melihat hasil foto teman saya yang di upload di Path, Yudhy langsung bilang: "Hasil fotonya Fadhil bagus, padahal pake kamera handphone doang!"

Sebagai seorang blogger yang suka pakai banget foto makanan, sayapun merasa tertantang untuk menghasilkan foto yang ciamik juga hanya dengan menggunakan kamera dari handphone saja.

Foto ini saya ambil menggunakan kamera handphone.
Sejujurnya, sebelum saya mempunyai kamera mirrorless, saya terlebih dahulu foto makanan dengan kamera handphone, sih. Sekarang pun sudah banyak handphone yang harganya murah tapi kameranya bagus, seperti Samsung J1 Ace, kan. Kamera handphone tersebut dibekali dengan kamera 5 MP, mantap, kan?

Bukan hanya faktor kamera pada handphone juga, sih, faktor kamu mengambil objek fotonya juga harus dipertimbangkan. Karena saya sudah sering foto makanan, jadi saya tahu, sisi mana saja yang bagus untuk foto makanan. Selain itu, kamu juga bisa dibantu dengan berbagai jenis aplikasi edit foto yang bisa membuat hasil foto kamu lebih cetar membahana.

Meski katanya, foto yang bagus itu foto yang tanpa adanya filter. Yasudahlah, itu kata mereka bukan kata saya.

Oh iya, akhir-akhir ini sayapun sedang terbiasa mengambil foto dengan kamera handphone lagi. Karena saya mulai malas untuk membawa kamera mirrorless, ukuran dan beratnya menjadi salah satu alasan saya enggan membawanya. Selain itu, foto makanan dengan menggunakan handphone bisa mengurangi rasa malu yang disebabkan saat mengambil foto pakai kamera mirrorless.

Btw, foto yang saya ambil waktu itu objeknya bubur ayam yang saya beli di dekat Pasar Lembang. Saya sebelumnya belum pernah makan bubur ayam di Bandung, karena saya kira bubur ayam juga ada yekan di Jakarta. Dan, bubur ayam yang saya makan itu rasanya beda banget dengan yang ada di Jakarta. Buburnya tidak terlalu encer, dan rasa manisnya pas banget. Mantap jiwa!

Setelah selesai makan Pagi, kamipun melanjutkan perjalanan ke salah satu tempat wisata yang sedang kekinian di Bandung. Ada yang bisa tebak saya pergi kemana? Petunjuknya tempat wisata ini terkenal dengan tempat wisata yang bisa foto sambil main ayunan dengan latar belakang pemandangan yang hijau-hijau.
 
Sudah bisa tebak dimana? Jawabannya saya tunggu di kolom komentar, ya! Apakah ada hadiahnya untuk yang bisa menjawab? Oh, tentu tidak pemirsa.

32 comments:

  1. Aku ga diajakin makan bubur ayamnya ...

    ReplyDelete
  2. Jadi metode makan bubur yang enak itu diaduk atau tanpa diaduk?

    Masih jadi perdebatan antara #TeamBuburAduk #TeamBuburTakDiaduk

    ReplyDelete
  3. Dulu, aku malu kalau moto2 cuma pake HP. Tapi setelahnya gak lagi, karena kamera HP pun punya hasil yang bagus, meskipun belum bisa nandingin kamera asli yang 10 jutaan sih. Haha
    Yang menting mah tergantu objek dan cara gimana motonya aja

    ReplyDelete
  4. meski pake hp bagus ya, aku pengen belajar foto yang bagus. ajarin donnnkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak yang minta ajarin ternyata....

      Delete
  5. Hasil foto HP sama kamera sebenarnya bisa sama kok asal bisa aja motonya, masalahnya gue gak bisa. Wkwkwk. Tetep lebih milih pake kamera kalau pengen yang bagus banget sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau begitu sy hrs belajar dari mba Mahadewi SS, suapa bisa motret dengan HP tapi hasil tetap OK!

      Delete
    2. lha, mbaknya justru bilang tidak bisa bagus dengan hp, malah prefer kamera, hehe.

      Delete
  6. Jawabannya aku gak tau bang, nyerah nyerah dah nyerah belum pernah ke Bandung sih ya hahaha

    ReplyDelete
  7. Saya g tau mas tempatnya apa.. kalau di Jogja sih ada tempat yg bisa ayunan dengan pemandangan alam hehe.. maklum belum pernah ke Bandung mas.

    Saya sih semenjak pake OP3T foto pake HP terus mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga belum pernah ke bandung, maklum hidup nya dikampung dan jarang berwisata ke sana kemari...

      Delete
  8. Itu Handpohen nya yang keren bro, kalau Handphone saya ya bures

    ReplyDelete
  9. Aku juga kemana-mana senjatanya hape. Secara nggak punya mirrorless. Untungnya hape sekarang banyak yang kameranya sudah bagus, jadi ya pede-pede aja jepret sana sini pake hape :)

    ReplyDelete
  10. Aku juga masih nenteng hape kemana2, soalnya belum ada rejeki cukup buat beli mirrorless. :)))))
    Tapi sebenernya, apapun hape kita sebenernya kita bisa menghasilkan foto dengan kualitas bagus kok. Tergantung gimana cara kita ngambil gambarnya. Yes?! :D

    ReplyDelete
  11. gw pake xiomi redmi note 4, foto bagus mah tergantung angel juga ya ki. bener gk si gw hehehe. pengen beli mirroless juga nih ki. ada rekomendasi gak?????

    ReplyDelete
  12. Kita sama mas, saya jg lbh suka motret makanan pakai hp mesi ada kamera hehe.
    HP jaman skrng didukung aplikasi edit foto jg cukup bagus ya buat memuaskan hasrat fotografi :D

    ReplyDelete
  13. Ada berapakah jumlah kacang pada semangkok bubur di atas? Jawabannya saya tunggu di kolom komentar, ya! Apakah ada hadiahnya untuk yang bisa menjawab? Oh, tentu tidak pemirsa.

    ReplyDelete
  14. betewe
    Oky tim bubur diaduk atau yang gak diaduk nih? :)
    kalo aku sih yang diaduk :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. #TEAMDIADUKPAKEKECAPJUGAYANGBANYAK

      Delete
  15. Uda dijawab sama Manda yaa...ke Lodge Maribaya.
    Bahkan rumah aku yang terbilang gak begitu jauh dari Lodge Maribaya, belum pernah ke sana.

    Poor Me!

    Semoga bisa segera memiliki kamera HP sekeren mirrorless dan berfoto ke Lodge Maribaya.
    Cihuyy!

    ReplyDelete
  16. teknologi semakin berkembang dan sekarang serba mobile ya smartphone sjaa bisa menghasilkan gambar foto yang bagus apalagi sudah ada fitur filternya lagi. Akan tetapi, kita juga harus tau angel angel yang bagus untuk mendapatkan hasil yang baik

    ReplyDelete
  17. Bukit Teletubbies, ya? Wah, pantesan Bandung ga asik weekend kemaren, lu ke Bandung, Toh. Hufft

    ReplyDelete
  18. Aku baca ini pas banget lagi nungguin tukang bubur, ahh foto ah..he
    Tapi hasilnya keren tuh Mas, lebih baik memanfaatkan yang ada ya, Mas :)

    ReplyDelete
  19. menurut saya, justru hasilnya akan beda ketika menggunakan hp atau kamera, karena titik fokus lensanya berbeda, kan. tapi hp bisa dan banyak yang bagus sih, sekarang. omonng-omong, kapan kapan ulas tips dan trik foto menggunakan hp dong, biar bagus bagaimana.

    ReplyDelete
  20. meski pake hp, tetep orang dibalik hp tersebut yang paling berpengaruh buat hasilin foto sebagus ini. Meski hp nya tercanggih sekalipun, kalau ga punya skill ya tetep hasilnya kurang bagus

    ReplyDelete
  21. Tergantung HP nya dan kepiawaaian sang fhotografernya juga yaa

    ReplyDelete
  22. sebenerny hape apapun bisa bagus kok fotonya, asal teknik motonya aja bener. gitu. kalo nggak bisa mah tetep aja jelek. yg diedit juga segala filter2 kek sephia dll. hhh. merusak warna asli makanan itu.

    ReplyDelete
  23. sekarang dgn hanya mnggunakan kamera HP udah bisa motret dgn hasil yg bagus

    ReplyDelete
  24. seneng lihat foto orang-orang keren2 di ig, pake filter bagus-bagus, tapi pas nyoba2 ngedit gak bisa sebagus foto-foto mereka. :'(

    ReplyDelete