Jalan - Jalan di Jakarta Tanpa Keluar Uang Banyak, Memangnya Bisa?


Salah satu teman saya yang berasal dari Padang sedang berada di Jakarta, bukan di Jakarta juga, sih, tapi di Tangerang. Sebagai tuan rumah, tentunya saya mau mengajak ketemu, karena selama ini kami hanya bertemu lewat social media, dan instant message saja.

Setelah mencocokan jadwal, kamipun sepakat untuk bertemu, teman saya request ketemunya tidak di Mall, padahal saya mau mengajak dia ke Mall di Jakarta yang besarnya kebangetan. Sebenarnya bosan juga ke Mall, maunya ke pelaminan, biar kaya orang-orang #ea
 

Akhirnya, saya memutuskan untuk pergi ke Monas, katanya belum ke Jakarta kalau belum melihat Monas. Btw, sampai sekarang saya belum kesampaian melihat air mancur goyang di Monas, kalau air mancur goyang di Grand Indonesia sudah sering, kok.

Kamipun membuat Stasiun Gondangdia sebagai meeting point, karena Mia berangkat dari Depok, Uda Irfan dari Tangerang, sedangkan saya dan Nurri dari Jakarta. Awalnya saya mau naik taksi online dari Stasiun Gondangdia ke Monas, karena kami mau hemat sehat, jadinya jalan kaki saja, lagian juga dekat kheleus dari Stasiun Gondangdia ke Monas.


Sudah lama sekali saya tidak ke Monas, terakhir ke Monas saya saja lupa kapan, kalau terakhir saya kangen sama kamu sih barusan, ya. Monas yang sekarang beda sekali dengan yang lalu, pasti berkat kerja keras dari...
.
.
.
Pemkot DKI tentunya.


Apa sih bedanya Monas yang dulu dengan yang sekarang? Lebih bersih pastinya, tukang dagangnya sudah teratur, dan tempat makannya lebih layak dengan metode pembayaran non tunai. Keren, kan? Meski pembayarannya agak ribet, tapi mengurangi pedangan yang curang, sih. Sayangnya, metode pembayaran non tunainya hanya bisa dengan satu kartu elektornik dari bank tertentu saja, semoga kedepannya bisa semua bank, ya.


Saya dan teman-teman tidak naik ke dalam ataupun atas Monas, karena waktu kami ke sana sudah agak Siang, dan kondisi pengunjung yang mulai ramai. Terlebih kesalnya lagi, saya tidak ketemu dengan sekumpulan rusa-rusa itu!


Setelah puas foto-foto dengan pemandangan sekitar Monas, kamipun berjalan menuju bus city tour, niat awalnya sih mau ke Kota Tua, tapi kenyataannya malah ke Kalijodo. Btw, bus city tour ini gratis, dan kapasitas penumpangnya terbatas pada setiap busnya.


Saya akui, kalau bus city tour ini sangat nyaman, terima kasih...
.
.
.
Pemkot DKI! Waktu perginya saya duduk dibawah, sedangkan pulangnya diatas. Saya pribadi lebih suka dibawah jadi kamu yang diatas ya, soalnya lebih dingin AC dibawah dibandingkan diatas. Iya, seperti yang kamu tahu, kalau bus city tour ini bus tingkat.


Tidak perlu menunggu lama untuk sampai Kalijodo, karena alhamdullilahnya waktu saya kesana kondisi jalanan Jakarta sangat bersahabat. Dan, Kalijodo tidak sewah yang diberitakan, meski memang bagus pakai banget. Bayangkan saja, awalnya tempat membuat anak bisa diubah menjadi tempat membuat pertemanan. Sekali lagi, terima kasih...
.
.
.
Pemkot DKI! Bukan hanya pemkot DKI, sih, terima kasih juga Sinarmas Land untuk kerjasamanya dengan pemkot DKI, tanpa kalian tidak akan bisa Kalijodo seperti ini.


Di Kalijodo sangat ramah dengan anak-anak, jadi kamu para papa dan mama muda, bisa banget bawa anaknya ke sini, ya. Tempat makan di Kalijodo juga sangat bersahabat harganya, tidak membuat kantong jebol, padahal dulunya tempat ini bisa bikin kantong dan kamu jadi jebol, lho.


Saya bahagia sekali, akhirnya saya bisa explore Jakarta dengan budget yang benar-benar hemat. Karena dengan hanya modal tiket commuterline saja, saya bisa sampai ke Monas dan Kalijodo yang tidak memberlakukan tiket masuk ke kawasannya, kecuali kalau kamu mau masuk ke dalam atau ke atas Monas, ya.

Btw, kalau kamu ada kesempatan satu hari untuk explore Jakarta, kira-kira kamu mau explore kemana, nih?

31 comments:

  1. Aku belum pernah ke Kalijodo kok sepertinya menyenangkan ya... Jadi pengen main :3
    Btw, bisa sih kemana - mana nggak pakai uang, tapi ya tetep aja jajannya yg mahal *eh ini kayaknya aku doang bwahahaha*

    ReplyDelete
  2. Oh yang orang padang itu ternyata si Uda :'D
    sampe rela kamu ajak mangkal di kali jodo, bae-bae ky aaah ngeri ada trantib! muehhhehehe

    ReplyDelete
  3. lain kali ajak gue bisa kheleus mak..
    btw itu kayaknya panas banget ya, lo ampe sipit2 gitu :))

    ReplyDelete
  4. Wihh, hitss... Ada fotoku di sana. Wkwkkq

    Meskipun panas-panas, jalan-jalan kita di monas dan Kalijodo seru beud deh pokoknya. Malah aku nagih nih pengen main prosoran lagi. Wkakka

    ReplyDelete
  5. boleh ...boleh dicoba ini kang ,,, insyallah akhir tahun ke jakarta .. masih nabung nihh

    ReplyDelete
  6. Jadi inget waktu ke Monas. Tapi bener nih..wisata Jakarta yg murah meriah. Sayang waktu itu aku ngga sampai naik ke puncaknya krn udah tutup.

    ReplyDelete
  7. Bener banget ke monas salah sstu wisata murah di Jakarta. Meski belum pernah naik tp aku seneng ke monas. Naik city tour belum pernah pengen coba ahhh kapan2

    ReplyDelete
  8. Waa aku suka jalan-jalan tanpa mengeluarkan banyak uang wkwkwkw. BTW aku suka banget tone warna gambarnyaa aaaaaa. Pake editor sama kamera apa nih? #salahfokus

    ReplyDelete
  9. Dari dulu pengen banget keliling Jakarta naik bus city tour itu. Tapi belum kesampaian. Moga2 liburan long wiken ini bisa ngetrip pakai bisnya keliling Jakarta.
    Hehehe aku pun pernah piknik di monas sama keluarga kecilku mas, bagian beakang2 enak, adem.
    Kapan2 pengen ke sana lagi pas waktu malam :D

    ReplyDelete
  10. Bah, ga ngajak-ngajak, nih. Btw, itu pas di kalijodo teman-teman lama ada yang nyautin, gak ki?

    ReplyDelete
  11. Liburan nya murah dan seru keknyaa. Ajak-ajak ica kali kak..

    ReplyDelete
  12. Asik banget ini liburan murah di Jakarta. Aku baru sekali naik Mpok Siti dan itu waktu baru-baru. Mau lagi ah.
    Kok bisa sih enggak ketemu rusa? Kandang rusa nya ada di sisi yang seberang sama kedutaan amerika. Tapi emang ga bisa dideketin sih. Kurang seru.

    ReplyDelete
  13. Wah wah murah sekali ini mah. Numpang Trans Jakarta trus jalan2 seru gitu. Kalijodonya bneran bagus. Enggak sia2 pembangunannya

    ReplyDelete
  14. Kalau gubernurnya ganti, jalan2 di Jarta bs murah kaya gitu gak ya? Traveler pas-pasan pengen jalan2, hehehe

    ReplyDelete
  15. Mantap nih, rekomendasi tempat jalan2 murah di Jktnya. Berguna bgt bagi bloger luar daerah. Hehe. Ini namanya yg benar2 eksplor ya, kalau ke mall atau kafe mah namanya nongkrong. Hihi

    ReplyDelete
  16. ((((bisa bikin kantong dan kamu jebol)))) kampret banget ini mah hahahahah

    gw belom pernah masuk ke dalem monas, pengen sih, tapi entah kapan. apalagi masuk kalijodo, pengen juga, apalagi yang versi dulu
    *ditusuk lidi-lidian*

    ReplyDelete
  17. Eh aku kudet kalijodo bagus ya skrg btw kesana rutenya gmn ?
    Aku sering ke monas *pamer* tp blm pernah sampai ke puncak,kayakny nunggu orang yg tepat buat nemenin ke puncakk #eeaa

    ReplyDelete
  18. Kalijodo sekarang jadi bagus bener ya mas.. saya malah belum pernah kesana..

    ReplyDelete
  19. duh, harusnya kak Oky udah jadi model papan atas nih. OOTD nya hits banget, ngalahin uda :p

    ReplyDelete
  20. aku terakhir ke monas tahun kemarin, itupun karna iseng juga.. eh itu statemen buat kalijodo cucok banget, awalnya tempat membuat anak bisa diubah menjadi tempat membuat pertemanan wkwk

    ReplyDelete
  21. Aku waktu makan di monas bayarnya minta pakai cash sama yang jual, kirain gak boleh tapi ternyata boleh juga ahahaha.
    Kayaknya bagus nih Kalijodo, aku belum pernah main ke sana. Btw itu kayaknya lagi terik banget ya mataharinya pas main heu.

    ReplyDelete
  22. Fix, ntar ajakin akuuh keliling jakarta aja ya, ga jauh-jauh kok..pengen ke kota tua. Sekalian bawa kostum nenek lampir boleh kan yah. Kamu jadi brama kumbaranya ntar kita ceritanya jadi musuh tapi kamu harus ngalah, tau kan dosa ngelawan orangtua mah.bhay!

    ReplyDelete
  23. Kalo ke Jakarta pingin keee....mall.
    Hehhe...karena mall Jakarta gede-gede.

    Kalo di Bandung, yang paling kece PVJ sama Trans Mall doank....

    **dasar norak yaa...hehe...

    ReplyDelete
  24. Wah sinarmas hahaha.
    Ky di layar gue fotonya terlalu strech.

    Gue udah tiga tahun di Jakarta belum sempet ke Monas karena katanya masuknya ngantri.

    ReplyDelete
  25. monas memang tempat liburan yang sangat murah dan tidak memakan banyak ongkos kesananya. Jangan siang siang ke monas nanti jadi item kulit hehe. enak ya nyobain bus tour gratis. AKu belum pernah mas haha jd penasaran

    ReplyDelete
  26. Tulisan ni ternyata ada tersurat (bukan tersirat lg) baper yak haha. Btw aku baru tau klu kalijodo udh wajah baru. Lebih bagus. Oneday kesini lah klu main ke jekardah.

    ReplyDelete
  27. jalan-jalan ke monas abis itu naik bus wisata, lumayan buat refreshing murah meriah.

    ReplyDelete
  28. Belum pernah ke Kalijodo, sepertinya seru ih. Semoga kebersihan tempat wisata itu tetap terjaga~

    ReplyDelete
  29. wahh bisanya masuk list destinasi wisata nih, makasih informasinya kak..

    ReplyDelete
  30. ramai banget ya tempatnya, apalagi kalau weekend ..

    ReplyDelete