Pengalaman Refund Tiket Kereta Api di Stasiun Gambir

Karena kesempurnaan milik Tuhan, dan kesalahan milik saya, kecuali kesempurnaan cinta lagunya Rizky Febian. Benar, kan, pemirsa? Kalau kesempurnaan hanyak milik Tuhan YME? Jadi apa hubungan kesempurnaan dengan tulisan saya? Oh, ada pemirsa.


Ceritanya waktu itu saya sedang booking tiket kereta api, salahnya saya booking tiket saat sedang bekerja, jadinya suka celingak-celinguk takut kelihataan atasan. Dan, lebih parahnya, saya salah booking tiket kereta! Tujuan keberangkataan saya sudah benar dari Jakarta ke Bandung, tapi untuk pulangnya saya booking dari Jakarta ke Bandung juga. Goblok, kan.

Panik? Sudah pastinya, kak. Namun saya mencoba tenang, agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Karena saya booking tiket untuk berdua bersama teman, jadinya saya kasih kabar dulu ke teman kalau saya salah booking tiket, dengan mendapat jawaban: "Wah, lo gak cocok nih jadi travel agent!" Iya, jawaban yang  sangat memberikan solusi. 

Akhirnya saya googling sana sini, dengan mendapat jawaban seperti ini: "Rubah jadwal atau refund yang sama-sama akan membayar/dikurangi sebesar sekian." Karena saya takut tidak kebagian tiket dengan waktu yang saya mau, akhirnya saya booking tiket lagi, dan berniat untuk refund saja tiket yang salah tersebut.

Saya kira proses refund akan sulit, ternyata tidak, pengalaman saya refund tiket kereta api di Stasiun Gambir sangat mudah, prosesnya pun termasuk cepat, lho! Kamu mau tahu proses saya refund tiket kereta api?

Pertama, saya datang ke Stasiun Gambir, dan langsung menuju ke loket bagian refund tiket. Btw, saya datang di hari Sabtu Pagi, ya. Dan, mendapat nomor antrean yang tidak terlalu lama.

Kedua, saya mengambil formulir untuk melakukan refund tiket kereta api, setelah mengisi formulir sayapun menunggu dipanggil oleh petugas sesuai nomor antrean. Kamu juga bisa mengisi formulir untuk refund tiket kereta api terlebih dahulu baru mengambil nomor antrean, suka-suka kamu saja mau langkahnya yang mana dahulu.

Ketiga, setelah menunggu beberapa saat, nomor antrean saya dipanggil juga, dan proses pada tahap ini juga tidak lama. Formulir pengajuan refund tiket kereta api saya di check oleh petugas, dan petugas bilang, proses kembalian uang akan berlangsung sekitar tiga mingguan. Kamu juga bisa memilih proses pengembalian uang melalui transfer bank atau tunai, ya.

Karena saya tidak mau datang lagi hanya untuk mengambil uang, jadinya saya memilih dengan proses transfer saja. Teorinya saya harus menunggu proses pengembalian dana sekitar tiga mingguan, tapi prakteknya tidak lama, sekitar dua mingguan dana refund saya sudah masuk di rekening saya.

Sekian saja cerita pengalaman saya waktu refund tiket kereta api di Stasiun Gambir, apakah kamu punya pengalaman yang sama seperti saya?

4 comments:

  1. Berarti gak bisa langsung diganti, ya? Trus, uang refundnya dikurangi berapa banyak, Mas?

    ReplyDelete
  2. setahu saya emang tiket kereta api tdk bisa diganti ........ jika sdh di refund

    ReplyDelete
  3. Wah refund nya lama ya kak bisa sampai tiga minggu an.

    ReplyDelete
  4. Hmm refund 2 minggu. Set... lama benerrr...
    tapi asik lah ya masih bisa di balikin dananya. Kalo pesawat.. lewat 24 jam kayaknya ga bisa waktu itu pernah coba... 😥

    ReplyDelete