Destinasi Wisata Menarik di Papua Barat

Papua akhir-akhir ini ramai diperbincangkan oleh netizen karena disana ada banyak tempat wisata yang indah-indah dan alamnya masih asli. Kadang tidak jarang objek wisata di Papua menawarkan pemandangan spektakuler yang hampir bisa dipastikan tidak akan di temukan di tempat-tempat lain di Indonesia.

Salah satu tujuan wisata yang terkenal di Papua adalah Papua Barat. Di Papua Barat, salah satu destinasi paling menarik adalah Raja Ampat.

Raja Ampat - ferdfound.wordpress.com
Berwisata ke Raja Ampat banyak diimpikan oleh para traveler, baik lokal maupun mancanegara karena ini merupakan surga wisata yang sangat menakjubkan dengan panorama yang memukau di darat dan pemandangan indah di bawah laut.

Wisata Raja Ampat bukan satu-satunya destinasi liburan di Papua Barat. Melainkan, masih banyak tempat wisata terkenal lainnya yang bisa dikunjungi. Diantaranya adalah:

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional ini merupakan salah satu taman laut paling luas yang ada di Indonesia. Di sana ada berbagai macam terumbu karang hingga spesies hewan laut yang bisa dijumpai. Tentunya selain Raja Ampat, jika berwisata ke Papua, Taman Nasional Teluk Cendrawasih hampir tidak akan dilewatkan oleh para traveler sebagai tujuan menyelam.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih - hobytravel.com
Objek wisata yang berada di dua kabupaten yaitu, Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Nabire ini memiliki keunggulan dan daya tarik yang banyak di idam-idamkan oleh wisatawan. Seperti, berenang bersama ikan hiu paus misalnya.

Tembok Berlin

Jangan dulu berpikir bahwa ini adalah Tembok Berlin yang sama seperti yang ada di Jerman. Melainkan, ini adalah sebuah tempat di Sorong yang menawarkan pemandangan alam indah berupa lautan.

Tembok Berlin di Sorong, Papua - indonesiakaya.com
Wisatawan yang umumnya tidak sempat langsung menyebrang menuju Waisai Raja Ampat, biasanya akan menginap di hotel di Sorong hingga mendapatkan tiket kapal untuk menyebrang.

Sambil menunggu kesempatan untuk menyeberang ke Raja Ampat, di sana wisatawan bisa menikmati kuliner seafood yang disajikan dengan bumbu dan olahan khas nusantara atau khas Papua di sekitar Tembok Berlin tersebut.

Tembok Berlin sendiri adalah pembatas yang memisahkan antara jalan raya dan lautan di salah satu daerah di Sorong, Papua.

Desa wisata Sawinggrai

Selain terkenal memiliki pemandangan alam di bawah laut yang memukau, sebenarnya Papua juga menyimpan daya tarik lain berupa burung cendrawasih.

Desa Sawinggrai Papua - kompasiana.com
Pasti banyak diantara Anda yang penasaran dan ingin melihat langsung keindahan burung tersebut bukan? Nah, salah satu tempat di mana Anda bisa menikmati pemandangan alam yang asri lengkap dengan burung cendrawasih-nya yang indah adalah di Desa Sawinggrai.

Bagi para wisatawan, Desa Sawinggrai sejak dahulu adalah destinasi wisata menarik untuk melihat langsung dari dekat kecantikan burung cendrawasih yang menjadi endemik Papua tersebut.
 
Situs purbakala Tapurarang

Situs purbakala ini berlokasi di sekitar Fakfak atau tepatnya di distrik Kokas. Situs purbakala ini menawarkan pengalaman wisata yang tidak biasa karena disanalah wisatawan bisa menyaksikan peninggalan zaman prasejarah yang langka.
  
Tapurarang Fakfak - realifact.blogspot.co.id
Situs purbakala tersebut menampilkan berbagai lukisan telapak tangan manusia dan lukisan binatang yang berada di tebing batu. Yang unik dan menarik, lukisan-lukisan tersebut walaupun sudah berusia ratusan tahun namun warna dan coraknya tampak tidak memudar.
 
Taman wisata alam Gunung Meja

Jika Anda adalah pencinta alam yang menyukai panorama indah nan memukau, jangan lewatkan berwisata ke Taman Wisata Alam Gunung Meja yang ada di Manokwari.

Taman wisata alam Gunung Meja - panoramio.com
Tempat ini sering dijadikan sebagai tujuan berlibur oleh wisatawan yang ingin langsung menikmati sajian panorama alam khas Papua yang terkenal eksotis. Selain bisa langsung merasakan alam Papua yang indah tersebut, para wisatawan juga akan dimanjakan oleh berbagai keunikan dan satwa yang ada di sana.

Salah satu spot wisata di taman wisata alam tersebut yang selama ini selalu menjadi magnet bagi para wisatawan adalah Teluk Doreri. Untuk bisa sampai di sana, Anda bisa naik ojek dari Kota Manokwari dengan biaya kurang lebih Rp15.000.

Pantai Tanjung Kasuari

Di Sorong, salah satu destinasi wisata yang indah dan menarik adalah Pantai Tanjung Kasuari yang berada di Kelurahan Tanjung Kasuari, Sorong Barat.

Pantai Tanjung Kasuari - ladydianar.blogspot.co.id
Keelokan pantai ini mampu menarik perhatian banyak wisatawan yang kebetulan pergi berlibur ke Papua Barat. Pesona pantai ini tidak lepas dari pasir putihnya yang bersih, air lautnya yang jernih serta ombaknya yang tenang. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk berenang dan mandi. Bahkan disekeliling pantai ini, pepohonan yang rindang membuat suasana pantai tampak lebih sejuk dan asri.

Pantai Tanjung Kasuari lokasinya hanya 7 km dari pusat kota, sehingga mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat.

Itulah beberapa destinasi wisata menarik di Papua Barat yang bisa Anda kunjungi dan bisa Anda pilih sebagai destinasi berlibur selanjutnya apabila Anda menginginkan objek wisata yang benar-benar menawarkan keindahan alam dan panorama bawah laut menakjubkan.

4 comments:

  1. indah banget pemandangannya, bisa di jadikan destinasi wisata yang keren tuh..

    ReplyDelete
  2. Sy ke Papua sekali, itu pun cuma di Jayapura sama Abepura. Alam Papua emang keren banget, sih.

    ReplyDelete
  3. di papua banyak sekali ya destinasi wisata yang bisa kita kunjungi..

    ReplyDelete
  4. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Destinasi Wisata Menarik di Papua.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Pariwisata

    ReplyDelete