Candi Sambisari Yang Masih Tersembunyi.


Saya sebelumnya tidak pernah mendengar tentang Candi Sambisari, tahu tempat ini saja dari teman saya yang memang tinggal di Jogjakarta, dan ternyata lokasinya dekat sekali dari rumahnya dia. Oh iya, lokasi Candi Sambisari dekat juga kalau kamu dari Bandara Adisucipto, ya.

Kalau kamu memang suka dengan wisata candi, Candi Sambisari bisa menjadi salah satu tujuan kamu. Lokasi yang jauh dari jalan raya, membuat tempat ini sangat sejuk, dan tidak bising. Serta Candi Sambisari masih sepi dari wisatawan, kamupun tidak perlu bergantian, atau menunggu lama saat mau lihat-lihat bagian dalam dari Candi.


Seperti yang saya bilang, kalau tempat ini masih sepi dari wisatawan, jadi kalau kamu foto-foto ya enak, tidak ada orang lain yang masuk di foto kamu. Mungkin yang bikin susah, bila kamu kesininya sendiri, tidak ada yang bisa fotoin kamu, kecuali kamu bawa tripod.


Selayaknya Candi pada umunya, Candi Sambisari juga terdapat Candi utama, dan yang kecil-kecil. Menurut wikepedia, Candi ini dibangun pada abad ke 9, pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Sudah lama juga ya, tapi Candi ini masih kokoh banget, lho! Tidak seperti hati kamu yang sudah rapuh, karena ditinggalkan dia saat kamu lagi sayang-sayangnya. Pret.


Cuaca di Jogjakarta kala itu lagi panas-panasnya, ingat lagi panas-panasnya, bukan lagi sayang-sayangnya. Bisa kamu lihat di foto, kan? Kalau mata saya tidak terlihat? Iya cuacanya silau banget kaya kalau lagi lihat gaya kamu gitu, deh.


Saya tidak tahu apa Candi ini masih dipakai untuk mereka beribadah atau memang sudah dijadikan tempat wisata saja, karena saya tetap dibolehkan memakai celana pendek untuk masuk ke dalam lokasinya. Iya masuk ke dalam lokasinya, bukan masuk ke dalam hatinya. Sakit.

Yogayakarta masih menjadi pilihan saya untuk melepas penat dari Ibu kota, yang lebih kejam dari pada Ibu mertua yang meminta calon mantunya untuk membuat pesta pernikahannya di Disneyland.

Dan, Jogjakarta masih menjanjikan kamu wisata sejarah, yang terkadang membuat kamu tidak percaya kalau peninggalan ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Tidak seperti mantan kamu yang baru saja meninggalkan kamu, tapi rasa sakitnya sudah seperti ribuan tahun yang lalu.

Oh iya, setelah saya googling sejarah dari Candi Sambisari ini masih sedikit sekali yang menulisnya, dan waktu ke sana saya tidak pakai tour guide. Jadi saya tidak tahu sejarah Candi ini seperti apa, karena saya sudah terlalu asyik untuk mencari tempat yang bagus untuk foto-foto, lumayan kan bisa buat update Instagram.

53 comments:

  1. wah aku mah malah baru tahu ya ada candi ini

    ReplyDelete
  2. Masih sepi banget ya candinya, masih jarang dikunjungi turis nih...

    ReplyDelete
  3. masih Sepi banget candinya, hari apa datang kesana?

    ReplyDelete
  4. Bentuknya mirip-mirip sama komplek candi-candi para Pandawa di Dieng. Cuma ini lebih luas dan rapih. Masih utuh pula bangunannya. Mbayar nggak masuk ke situ?

    ReplyDelete
  5. Seneng banget ke candi sambisari krn deket dengan rumah saudara. Ia kalau kesana malah belum pernah nemuin guide jadi gak tau juga sejarahnya

    ReplyDelete
  6. Wuih, pernah lewat pas pulang kampung tapinya belum pernah masuk >~</
    Btw itu tempat serasa milik berdua yaaa kak, sepi banget ckck 😁

    ReplyDelete
  7. Candinya terawat benar ya. Semoga tetap lestari. Semoga juga para pengelola menyediakan tour guide untuk menceritakan sejarah candi tsb, karena rasanya nggak afdal jalan2 ke tempat sejarah tanpa tahu ceritanya.

    ReplyDelete
  8. Tsah. Postingannya buat baperan gitu. Enak tu sepi-sepi gitu. Ehem. Jadi bisa bener-bener menikmati

    ReplyDelete
  9. Saya baru tahu candi ini... cantik dan bagus ya

    ReplyDelete
  10. Tempat wisata Candi Sambisari masih sepi ya... Padahal tempatnya bagus. Penataan tamannya juga asri. Sukaa..lihat hamparan rumputnya yang hijau. Semoga dengan tulisan Mas Oky, tempat wisata ini, bisa lebih terkenal ya...

    ReplyDelete
  11. Biaya masuknya adakah, mas Oky?

    Bdw,
    Eciee...yang lagi jalan sambil sayang-sayangaaan...
    ^^

    ReplyDelete
  12. bagi gw candi sambisari masih asing, jd tau nambah info candinyekan. foto dikala panas benerang malah bagus kan dpt cahayanya. paling ambil yg gak nantang matahari aja hehe

    ReplyDelete
  13. Wahh Candinya kerennn..
    Sip nanti dikunjungi kalau ke Jogja hehehe

    ReplyDelete
  14. Heitssss kak Oky... tetap memancarkan cahaya seperti matahari pagi ye :)

    ReplyDelete
  15. Aku juga baru tahu candi Sambisari ini. Masih banyak candi-candi yang belum bekenn ternyata ya. Padahan bagus banget candinya.

    ReplyDelete
  16. Mas okky aku padamu.. Suka banget sm foto2ny.
    Bulan kemarin pas ke jogja aku pengen bgt kesini, tp sayang temen2 yg lain gk tertarik jadi aku ngalah.
    Nanti harus ke jogja lagi pengen kesini, merasakan suasana candi selain borobudur dan prambanan.

    ReplyDelete
  17. wah candi sambisari baru denger saya gan. kayanya lokasinya jarang di kunjungin orang orang yaa? terlihat dari sepi dan masih bersih lokasinya

    ReplyDelete
  18. Baru dengar ada cand simbisari... harus masuk waiting list ni kalo ke jogja, apalagi lokasinya dekat.
    terima kasih mas oki infonya

    ReplyDelete
  19. Baru tau ada nama candi sambisari... jogja emang kota wisata banget.. tapi sayang kyyyyy... kenapa emak kaga diajak gitu, kan kali2 nyenengin orang itu ibadah juga.. ok fix, ditunggu undangan halan-halannya.. itu cewe disebelah siapa sih? Aneh bangetiatnya (siyul2)

    ReplyDelete
  20. Rumputnya tertata rapi, sepertinya terawat dengan baik.

    Lebih banyakin promosi mungkin bisa jadi tempat wisata sejarah yang diminati ya :)

    ReplyDelete
  21. Asyik bangett! Masih sepi pula. Lain waktu tulis sejarahnya mas bisa ditaut ke tulisan ini

    ReplyDelete
  22. Wah sayang sekali padahal penasaran pengen tahu sejarahnya Ditunggu tulisan lanjutannya mas, terutama ttg sejarah candinya :D

    ReplyDelete
  23. Aihhh lucu banget sih Oky candinya! Aku jadi inget candi gedong songo yg di ungaran deh, duh rindu lan jalan

    ReplyDelete
  24. Wah candinya bagus ya lingkungannya. Rumputnya juga terawat. Sebuah objek wosata tersembunyi yg eksotis. Semoga nanti kalau pada banyak yg tahu keasrian candinya tetap terjaga.

    Sama mas. Saya juga suka jogja, kota yang pas untuk melepas penat. Karena di kota ini segala aktivitas berjalan santai. Tapi kapan ya main ke jogja lagi..

    ReplyDelete
  25. candinya cuiliikk.
    KALO INGET CANDI SAMBISARI, BELOM AFDHOL KALO BELOM NYOBA SOTO BAUTHOK. YARAABB. JADI PENGEN LAGI KAN SAMA SOTONYA :(

    ReplyDelete
  26. Tulisannya rapih ya ki, serapih kenangan bersama mantan....

    Itu candinya terkesan kayak benteng ya, tapi jadi makin keren sih hahah

    ReplyDelete
  27. Bagus banget candinya. Aku belum pernah melihat candi secara langsung sepanjang hidup. Cuma bisa menikmati lewat foto dan postingan beginian

    ReplyDelete
  28. Lah iya belum pernah denger juga. Wkwkw. Itu keripik udah ada bannernya aja yes. Mau dong kirim.

    ReplyDelete
  29. Baru tahu kalau ada candi bernama sambisari, iseng iseng googling jg barusan, emang masih sedikit banget yang menulis tentang candi ini. Kalau gitu kali kali aja mau jd penulis sejarah candi xixixix

    Coba deh ditulis lebih mendalam lagi tentang candi ini. Mungkin di perpustakaan kampus2 yg ada jurusan arkeolognya ada nih buku buku yg membahas tentang candi sambisari. .

    ReplyDelete
  30. 'yang meminta calon mantunya untuk membuat pesta pernikahannya di Disneyland'

    kampret sih ini : -))

    tapi rumput-rumputnya bagus ya, ga ada larangan ga boleh main futsal disitu kan?

    ReplyDelete
  31. Candi Sambisari saya baru tahu kalau ada candi ini


    bangunan nya kokoh banget. Selain itu, akses nya juga dekat bandara.
    Bisa jadi alternatif wisata candi & perlu dilestarikan & disebarkan ni wawasan tentang candi ini

    trims Oky.

    Thanks.

    Best,

    KANDIDA

    ReplyDelete
  32. wah, jarang nyang ngereview ya mas.
    padahal bagus sekali candinya, rapi juga bentuknya kotak2 begitu disekitarnya.
    di jogja ada banyak candi berarti ya?

    ReplyDelete
  33. Udah pernah nulis tentang Candi Sambisari di blogkuuu... :D
    Liburan murah meriah, deket rumah. Hihihihi..
    Dulu pertama kali ke sini, bareng temen2 SMP, karena bikin karya ilmiah buat tugas Sejarah. Naik sepeda, panas2. Waktu itu masih gratis masuknya. Sekarang udah bayar yaa...Tapi murah lah.. Hitung2 buat biaya perawatan yang enggak sedikit.

    ReplyDelete
  34. baru tau ada Candi Sambisari di Yogyakarta, aku kudet banget ternyata ya.. pengunjungnya lumayan sepi ya mas lebih puas buat foto-foto gak akan keganggu sama yang lewat-lewat hehe

    ReplyDelete
  35. Kak Oky, candinya kan sudah lama, kok belum terkenal ya? Aku aja baru dgr juga nih nama dan lokasi candi sambisari. Apa kurang dipublikasikan sama orang jogjanya ya? Wah semoga sekali lagi pas maen ke sini Kak Oky bisa dapet sejarahnya ya. Jadi ga bikin penasaran kita-kita yang jauh, hihihi.

    ReplyDelete
  36. Berasa lagi keliling di candi sendiri ya, Ky? Kaya ga ada pengunjung lain gitu yang gue liat dari foto-fotonya. Hahahha

    ReplyDelete
  37. Bisa jadi list buat maen ke Jogja nih, ditambah candinya belum banyak yang tahu, thanks oky

    ReplyDelete
  38. Instagramable banget sih tempatnya.
    Menarik tempatnya, karena sepi dan masih jarang yang ke Candinya
    Kapan mau ajak aku ke sana kamoh??
    Biasa ya, di setiap tulisan lo ada bumbu humornya. Gue suka! haha...

    ReplyDelete
  39. Wah, bisa jadi tempat lari-larian sama sembunyi-sembunyian nih. Standing ovation untuk petugas perawat candi dan para pengunjungnya, candi terlihat bersih dan tertata apik. Hijaunya merata dan bangunan candinya terawat.

    ReplyDelete
  40. Iya bener banget bang, masih jarang banget yang nulis soal candi sambisari.
    aku yang anak ips pun malah baru tahu kalo ada candi sambisari di jogja, kebanyakan yang terkenal mengulas soal candi prambanan, candi borobodur, atau candi mendut..

    Ya semoga aja tulisannya soal candi sambisari ini jadi nangkring di halaman pertama google yang bang.
    salam pageone! :D

    ReplyDelete
  41. Ini postingan terselip jutaan curhatan ya...... Hahahaha.

    ReplyDelete
  42. Wah aku baru tau candi ini....
    Itu rumputnya tertata rapi, mgkn emang sdh dijadiin tpt wisata kali ya

    ReplyDelete
  43. wekaweka weka weka.
    bena udah lebih dulu dong kesanaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.
    sambil makan soto batok yang di deket sana. cukup makan 2 mangkok soto batok :)

    ReplyDelete
  44. Indonesia memang kaya akan warisan budaya. Salah satunya Candi. Namun Candi sambisari belum pernah saya dengar keberadaan sebelumnya. Informasi baru buat saya. Sepi nampaknya ya..namun bagus perawatannya

    ReplyDelete
  45. Wah, iya, sepi ya. Belum banyak wisatawan yg tau Ya?

    ReplyDelete
  46. Wihhh, baru denger kalo ada candi Sambisari. Rutenya dong sekalian infoin.

    ReplyDelete
  47. waaah... asik nih kalau kesini. aku paling males kalau tempat wisata udah rame, mau futa futo susyaaah bro hahahaa... kadang sampe dibela-belain ke tempat wisata pas hari kerja biar sepi :)

    Jogja emang selalu menawarkan banyak pesona ya, candi Sambisari ini contohnya :)

    ReplyDelete
  48. Itu candinya sama kayak yg di jambi.. lbh byk tanah lapangnya. Cm kl disana dipake buat mainan, sewaan sepeda dll..

    ReplyDelete
  49. Wah sepertiny menarik
    Reprensi buat saya nih wisatanya
    Ah kapan ya bsa ke sana....

    ReplyDelete
  50. Candinya terlihat sepi banget ya mas dan tidak terlihat pengunjungnya.
    Btw, masuk kesana bayar gak mas?

    ReplyDelete
  51. Lumayan sering ke Yogyakarta. Tapi baru sekarang denger tentang candi sambisari ini. semoga bisa kesampaian buat kesana juga. :D

    ReplyDelete
  52. tempatnya instagram-able banget :)

    ReplyDelete
  53. Eksotik banget dan rapi ya Mas Oky, jadi ingin ke sini suatu saat nanti :)

    ReplyDelete