Berburu Seafood Sampai Ke Puang Oca

MAU MAKAN - Belum lama ini gue mendapatkan tawaran untuk berkunjung ke salah satu tempat makan yang ada di daerah Senayan, namanya Puang Oca. Awalnya gue kira makanan Jepang, eh ternyata makanan Indonesia yang asalnya dari Makassar.

Lokasi Puang Oca pun mudah sekali didatangi, kalian pasti tahu GBK atau Hotel Mulia kan? Nah Puang Oca sendiri ada di daerah sana yang tepatnya ada di samping Hotel Mulia. Dan, bagi kalian yang kemana-mana naik kereta, mudah sekali untuk ke sini, tinggal turun di Stasiun Palmerah saja tshay.


Apa sih yang membedakan Puang Oca dengan tempat makan seafood lainnya? Jadi, semua menu yang ada di Puang Oca ini didatangi langsung dari Makassar, lho. Citra rasa dan kesegarannya akan terjaga pastinya. Wah! Semakin penasaran yekan untuk makan satu persatu menu yang sudah disediakan.

Cumi Tumis Hitam.
Cumi Bakar Hitam.
Menu pertama yang bikin gue berselera untuk menjamah adalah cumi bakar hitam. Alasannya ya karena gue suka pakai banget sama cumi. Potongan cumi bakar di Puang Oca pas banget untuk sekali hap, bumbunya pun meresap di setiap potongannya. Selain itu ada juga cumi tumis hitam, lho. Apa bedanya dengan cumi bakar hitam? Ya cara masaknya lah.

Udang Goreng Tepung,
Entah kenapa gue enggak begitu suka sama udang goreng tepungnya. Menurut gue, udang kurang cocok kalau dikasih tepung, sewaktu gue gigit kena kulit udangnya gitu. Jadi gue enggak bisa menikmati proses makannya, kurang enjoylah gue makannya.

Tumis Kangkung Seafood.
Makan seafood enggak makan kangkung ibarat resepsi pernikahan tanpa adanya orkes dangdut. Iya, kurang lengkap. Untungnya di Puang Oca terdapat menu Tumis Kangkung Seafod, meski kata orang kalau makan kangkung bisa bikin ngantuk tapi hajar bleh! Kangkungnya empuk dan enggak sulit memakannya, jadi enggak ada drama kangkung nyangkut di gigi tshay.

Kepiting Asap
Ada yang bisa menolak untuk tidak menjamah Mr Crab? SAYA TIDAAAK BISA SAUDARA SAUDARI! Gila banget kali ah kalau sampai menolak untuk mencuil potongan kepiting asap ini, meski memakannya itu ribet banget kaya hidup gue tapi worth it banget menu ini untuk dicoba.

Ikan Cepa Bakar Rica.
Bandeng Palumara
Sekarang gue ceritakan pengalaman gue sewaktu memakan menu ikannya. FYI, gue kurang suka sama bandeng, jadi gue enggak bisa berkomentar tentang Bandeng Palumara. Namun, Ikan cepa bakar ricanya juara! Pedasnya dapat, empuknya dapat, dan duri ikannya mudah banget untuk dipisahkan dengan dagingnya. Sedih gak sih jadi duri ikan? Lagi sayang-sayangnya sama daging eh dipisahkan begitu saja.

Tahu Puang Oca.
Lumpia Kepiting.
Bukan hanya tahu bulat tapi tahu Puang Oca juga di goreng dadakan, lho! Jadi pas disediakan masih panas-panasnya, deh. Didalam tahunya juga terdapat udang, jadi bukan cuma batu, karena ada udang dibalik tahu. Bukan hanya tahu, di sini pun ada Lumpia yang isinya kepiting. Mereka sangat crispy waktu digigit, dan kurang lengkap makan gorengan tanpa adanya chili sauce, ya. Meski sebenarnya lebih nikmat dicocolnya dengan sauce kacang, sih.

Es Palu Butung.
Es Pisang Ijo.
Kalau pergi ke tempat makan khas Makassar sepertinya kurang lengkap tanpa adanya Es Pisang Ijo yes. Selain Es Pisang Ijo, ada juga Es Palu Butung, lho. Keduanya segar bukan main, apalagi disantapnya setelah memakan hidangan khas Makassar yang pedas-pedas gitu, deh.


Selain itu semua, minuman di sana juga segar - segar banget. Kalian suka minuman apa? Di Puang Oca ada pokoknya.

Untuk kalian yang masih bingung mau makan seafood dimana, tidak ada salahnya mencoba Puang Oca, sih. Karena rasa adalah hak segala lidah, ada makanan yang gue bilang enak belum tentu dilidah kalian enak, begitu pun sebaliknya. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba sesuatu yang belum pernah kalian coba yekan? Kuylah ajak gue ke Puang Oca lagi!

Puang Oca
Jln. Gelora Senayan
Komplek Lapangan Tembak Senayan
Jakarta Pusat

36 comments:

  1. Wah padahal sering lewatin kl mau ke st. palmerah! kayaknya sedap nih, apalagi kepitingnya :9

    ReplyDelete
  2. Eh busyet itu cumi bakar nya item banget kayak kulit gw hehehe

    ReplyDelete
  3. anjrit itu cumi itemnya
    ga terlalu menggugah selera tapi malah bikin penasaran...

    ReplyDelete
  4. Aku sering lewat sini, tapi belum pernah benar-benar mampir kulineran ke Puang Oca.
    Kalo makan disini, per orang kira-kira kena biaya berapa, Oky?

    ReplyDelete
  5. Aku penasaran dengan cumi tumis hitam dan cumi bakar hitamnya sepertinya enak

    ReplyDelete
  6. astagaaaaa makanan pagi2....

    cumi bakar boleh juga. aku blm pernah makan klo dibakar, biasanya tumis, tintanya nggak dibuang

    ReplyDelete
  7. Kak Oky, bandengnya itu ada tulangnya ga? Aku makan bandeng slalu berantem sama tulang-tulangnya.

    eh btw, ini kaya restoran seafood yaaa, hampir semuanya seafood :3

    ReplyDelete
  8. kepiting asapnya mau thsay :D
    itu kepiting asap sama es menggoda banget ka oky. jauh tapi di jakarta :(

    ReplyDelete
  9. Dihhh enak bangett Oki jalan2 Melee
    Dan emberr Cyinn makan seafood tanpa cah kangkung bagaikan sayur tanpa garam
    Gak lengkap πŸ˜„

    ReplyDelete
  10. Aduh, salah baca siang bolong lagi puasa gini. Bikin ngiler :p Belum pernah nyoba makan masakan Makassar selama ini, dan kayanya jadi pengen nyobain. Itu cumi bakar ngeliat penampilannya kaya batu bara ya?!

    ReplyDelete
  11. Jadi laper dan untungnya sore ini sudah berencana untuk berbuka bersama di warung seafood juga. jadi akan kubalas dendam kesumat ini :p

    ReplyDelete
  12. Aduh.... tahan liur jadinya.

    ReplyDelete
  13. Beh. Enaknya ai puasa2 gini ngelihat makanan yang segar2. Itu memang enaknya tu kalau udang dipisahin dulu kulitnya.

    Itu beneran kah ya langsung dari Makassar? Wow banget dah tu...

    ReplyDelete
  14. Duuhh gambar makanannya bikin ngiler dan seperti uji nyali di bulan ramadhan ^_^ hihihi

    ReplyDelete
  15. Untung main kesini pas buka jadi aman deh. Okelah referensi buat kulineran

    ReplyDelete
  16. demi dewa! untung aku buka dan baca ini tulisan pas lewat waktu berbuka.
    Coba saja kalau aku bacanya tadi pagi/siang pas puasa, dijamin pasti bakal tergoda.
    Duh itu kepitingnya nikmat banget kayaknya :')

    ReplyDelete
  17. Okyyyy... duh baca postingannu yang ini perut nari-nari ga jelas, lavaaar. Liat udang tepung sama tumis cumi hitamnya, saya suka banget..kapan2 ajakin ya

    ReplyDelete
  18. Okyyyy... duh baca postingannu yang ini perut nari-nari ga jelas, lavaaar. Liat udang tepung sama tumis cumi hitamnya, saya suka banget..kapan2 ajakin ya

    ReplyDelete
  19. Request dong, ulas juga harga dan jaminan kehalalannya. Kadang kalo mau ke resto seafood suka deg2an keduanya itu. Hahaha

    Paling suka dr kesemuanya Mr.Crabs sama cumi. Hmmm... yummy....

    ReplyDelete
  20. Beruntunglah saya tidak termasuk orang-orang yang suka seafood, sedangkan pengulas makanan mayoritas bahas seafood. Godaan kehidupan berkurang.

    Dari daftar di atas aja, gue cuma tertarik sama tumis kangkung sama tahu doank coba. :-))

    ReplyDelete
  21. Wahh aku baru tau ada puang Oca di senayan. Padahal aku Anak senayan hahahah πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Seafood emang selalu juaraaaa πŸ˜†

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah buka postingan ini pas udah buka, soalnya ini resto menunya MENGODA IMAN BANGET. Mana deket sama kantor pula. Kalo resto jepang oca nya pake "h", bang. Jadinya ocha. Hehehe

    ReplyDelete
  23. Makanan nya menggugah selera ih, bagus Bgt gambar nya mas.

    ReplyDelete
  24. Sedaaappp.....saya juga suka masakan makassar, terutama konro bakarnya.

    Btw, Puang Oca itu artinya apa ya mas Oky?

    ReplyDelete
  25. Kangkung dan seafood bak sepasang kekasih. Haha akupun gitu, selalu pesen kangkung kalau lagi makan di seafood. Kadang suka kesel sih kalau kangkung nya kosong😭 kesana lebih enak naik motor apa kereta ka?

    ReplyDelete
  26. Kuy lah Ky ke Puang Oca lagi. Sedap, sedap ya makanannya! πŸ˜„

    ReplyDelete
  27. Sea food itu kesukaan saya banget..wah sayang pindangnya kurang suka ya..menggugah selera nih..jadi target buat tempat makan nih

    ReplyDelete
  28. Makanannya bikin selera berat, mba. Mudah-mudahan bisa berkunjung ke Senayan dan bisa icip makannya

    ReplyDelete
  29. Makanan Makasar ternyata bikin ngiler juga terutama Kepiting Asap :D
    Es Pisang Ijonya ternyata gak beda jauh sama di Bandung, tapi kayanya soal rasa..Makasar punya nih..

    ReplyDelete
  30. Ya Allah, abis ngeliat ginian aku jadi pengen masak kangkung, udang goreng saus kuning telor asih, es campur. Mas Oki bisa aja deh kalau soal makanan. xD

    ReplyDelete
  31. Masakan seafood Makassar itu emang juaraaakk! Apalagi es pisang ijonya, kalo asli dari Makassar bener, pasti uenak banget. :9

    ReplyDelete
  32. Ki cumi bakarnya bener2 item yaa gw kira itu gosong, jadi penasaran sama rasanya haha, kalau makanan makassar khas banget dengan lautnya

    ReplyDelete
  33. gile, postingan kapan tauk ini. hih!

    ReplyDelete
  34. SEAFOOOD :( Duuuuh, kepitingnya nggak kuat :(

    ReplyDelete
  35. wah .. kepiting asapnya boleh juga tu

    ReplyDelete