Salah Satu Pengalaman yang Kurang Menyenangkan Saat Berbelanja Online

MAU CERITA - Beruntunglah kalau sekarang gue hidup di zamannya generasi komputer, enggak kebayang sama generasi mesin ketik ribetnya kaya apa. Sewaktu mengerjakan skripsi dengan komputer saja rasanya kaya mau mati sama yang namanya revisi, padahal tinggal mengganti atau menambahkan materinya saja, bukan diketik ulang.

Selain itu, belanja menjadi sangat mudah di zaman generasi komputer ini. Iya, kan? Tinggal pesan, bayar, dan barangnya akan sampai di depan rumah. Kurang praktis apa lagi coba hidup di zaman ini? Apalagi buat orang-orang kaya gue yang ogah banget bayar parkir, terutama parkir di Mini market.

Pertama kali belanja online itu sewaktu masih duduk di bangku SMP, barangnya yang pertama kali gue beli langsung gadget wkwk. Padahal waktu itu masih belum punya rekening, lho, jadi gue mengandalkan tante gue buat mentransfernya.

Credit Photo: Pixabay.com | Redesign: Oky Maulana
Belum lama ini gue mempunyai pengalaman yang kurang menyenangkan dari salah satu online shop, bisa dibilang marketplace atau e-commerce juga, sih, sebut saja namanya blibli.com. Seingat gue, ini pertama kalinya gue order di sana, ya.


Barang pertama yang gue order adalah Xiaomi Yi pada tanggal 5 April 2016 dan langsung membayarnya pada hari tersebut. Proses selanjutnya gue mendapatkan kabar kalau estimasi barang gue diterima pada tanggal 5 - 11 April 2016.


Dan, pada tanggal 6 April 2016 gue langsung order lagi powerbank Xiaomi melalui proses yang sama seperti kemarin. 

***


Tapi ada yang aneh, soalnya tanggal 8 April 2016 gue dapat SMS dari blibli.com kalau powerbank gue sudah dikirim sedangkan kamera gue belum. Akhirnya gue cek ke akun gue di blibli.com, benar sekali saudara-saudara, kalau status order powerbank gue sudah dalam proses pengiriman tapi status order kamera gue masih dalam proses pengambilan kurir. Gondok? sedikit.


Guepun bersabar saja tapi ditunggu sampai tanggal 11 April 2016 status order masih sama. Gue sudah kehilangan kesabaran gue, langsung protes ke CS Twitter mereka pada tanggal tersebut. Bisa kalian lihat sendiri digambar, kan? Kalau tanggal 11 April 2016 masih mau dibantu proses update terlebih dahulu, padahal mereka bilang estimasi tanggal barang diterimanya itu pada 5 - 11 April 2016.

Akhirnya pada tanggal 12 April 2016, guepun ngecek pesanan gue, dan status sudah dalam proses pengiriman. Dikirim menggunakan jasa kurir Etobee reguler bukan JNE reguler, awalnya gue kira akan sampai pada 2 atau 3 hari kedepan, ternyata langsung datang pada hari dikirim, lho.

Guepun bingung ini kesalahan siapa, kesalahan pihak blibli.com atau pihak online shop yang mengirimnya. Karena blibli.com bilang ada overload dari rekan logistik mereka, sedangkan orderan yang lainnya bisa datang tepat waktu. Untungnya enggak harus menunggu sampai 14 tahun juga, sih. Ada yang pernah mengalami hal seperti gue? Bisa ceritain ke gue lewat komentar, ya.

2 comments:

  1. Waduh .. itu mah masih mending mas beli di blibli.com telat sehari dari waktu yang di janjikan.
    Aku malah di lazada telat lama, dan dateng dateng barangnya semacam refurbish padahal tulisan di sana nya baru.

    Memang kalau untuk gadget sepertinya agak riskan kalau beli secara online.

    Btw power bank kita sama!
    Hehehe. Jangan lupa beli covernya, karena power bank Xiao Mi Itu berat dan bentuk nya Metal. Kalau bersinggungan dengan barang bisa bikin barang lain lecet. Go pro ku waktu itu lecet pas aku taruh dalam satu Pocket .
    Cari aman aja, bentuk bungkus Power bank nya kayak karet gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya! Kurang nyaman juga kalo enggak make silicon di powerbanknya hahha

      Delete