Melihat Sisi Lainnya Malaysia di Batu Caves

MAU JALAN - Sebelumnya gue enggak pernah kepikiran buat pergi ke Malaysia, karena gue pikir akan sama saja kaya di Indonesia. Namun gue penasaran sama menara kembar petronas, padahal pom bensin petronas juga ada di Jakarta.

***

Singkat cerita, guepun mendapatkan tiket promo dari Jakarta ke Singapore, dan tidak berlaku buat tiket baliknya. Selang 3 bulan membeli tiket Jakarta - Singapore, akhirnya, gue mendapatkan tiket baliknya juga. Dengan keputusan baliknya dari Malaysia, iye, demi melihat menara kembar petronas doang.

Sebelum gue ke Menara Kembar Petronas, gue memutuskan buat ke Batu Caves, soalnya banyak orang yang ngeshare foto di sana. Sebagai anak yang kekinian, guepun enggak mau kalah. Dan, perjalanan menuju ke Batu Caves tidak begitu sulit,

Karena lokasi Hostel yang berdekatan dengan KL Sentral, makanya gue naik KTM Komuter dari KL Sentral ke Batu Caves, kalau enggak salah ingat hanya RM 1 atau RM 2, deh. Murah pakai banget! Gue cukup kaget sama KTM Komuternya Malaysia. Rapi, bersih, dan agak teratur.

Ada apa, sih, di Batu Caves?

Lord Marugan Statue
Hanuman Statue

Wah, ada banyak banget yang bisa kalian lihat, dan semua itu gratis. Ada Hanuman Statue, The Hanuman Shrine, Lord Marugan Statue, dan masih ada beberapa lagi yang gue enggak tahu namanya apa. Dan, kabarnya kalau Lord Marugan Statue itu tertinggi didunia, lho. Btw, jangan kaget kalau kalian ke sini dan memasang foto Lord Marugan Statue sebagai foto BBM atau sejenisnya bakalan dikira lagi di Thailand.


Bukan hanya patung dan kuil saja. Batu Caves juga terdapat lapangan yang berada tepat di depan Lord Marugan Statue dan berisi burung-burung bertebrangan, lho. Kalian juga bisa menaiki anak tangga yang panjang dan tinggi banget di sana, atau kalian juga bisa melihat kolam yang terdapat di dalam kuil buat sekedar bersantai ria saja.


Ternyata, Malaysia bukan hanya Menara Kembar Petronas saja, masih banyak tempat bagus di sana yang harus gue dan kalian lihat, lho. Iya, Indonesia memang indah pakai banget tapi tidak ada salahnya buat kita mengenal tempat lain selain tempat sendiri, kan?

Jadi, mau jalan kemana lagi? Bisa kasih tahu gue tempat jalan yang bagus diluar sana lewat komentar, ya

9 comments:

  1. aduh kapan ya aku bisa ke sini amazing banget nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kak kesana! banyak tiket promonya kan hahha

      Delete
  2. Jalan mulu asik banget oi. Ajak aku dkng next time

    ReplyDelete
  3. Walah gue malah fokus ke gambar abang-abang lagi buka dugan 😂

    Btw, di Indonesia tempat yang banyak burung berterbangan gitu ada gak sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di sini adanya sampah yang bertebrangan hahha

      Delete
  4. ada festival Thaipusam tiap tahun disini tp belum pernah lihat :D, tapi sempat menyaksikan prosesi pernikahan orang India di pura dekat patung Anoman. Oya di dalam gua kan banyak pura bisa lihat ritual ibadah.

    ReplyDelete