It's NOT the end, IT'S AND.

MAU CERITA - "AKHIRNYA GUE LULUS DAN JADI SARJANA JUGA!" hanya itu yang bisa gue katakan dalam hati, sewaktu dikasih pengumuman bahwa gue sudah dinyatakan lulus. Ya, habisnya mau reaksi apa lagi? Teriak-teriak ke semua orang kaya Babenya Doel? Kan nggak mungkin, ya.
 
Berbeda dengan mahasiswa lainnya, gue bukan termasuk mahasiswa yang setelah lulus terus menjadi jobless. Karena gue kuliah sambil kerja, meskipun sekarang sedang mencari pekerjaan lain, sih.

Sebelumnya gue mau bercerita, sebelum gue kuliah dengan biaya sendiri. Gue pernah terdaftar sebagai salah satu mahasiswa di salah satu sekolah tinggi milik pemerintah dengan jurusan yang menjadi semua impian para anak muda. Iya, kalian tebak-tebak sendiri saja itu dimana, ya.


Kenapa gue melepaskan kesempatan itu? Karena gue mau hidup di dunia yang gue sukai, bukan di dunia yang orang lain sukai. Tapi sejujurnya, terkadang gue menyesal dengan keputusaan tersebut, namun gue langsung bangkit dan berkata: "Hi! Kamu punya impian yang mau kamu wujudkan, lho!"

Setelah keputusan gue untuk tidak kuliah di sekolah tinggi milik pemerintah, guepun merasa terbuang dari keluarga. Karena keluarga gue sudah bilang, "Kalau bukan sekolah di sana, jangan pikir kita akan membantu lo di sekolah lain." Sedih? iya, pernah berpikir untuk bunuh diri? iya. Untungnya gue masih sadar, kalau gue masih punya impian dan kemampuan. Dan, gue yakin semua ini akan berlalu.

Singkat cerita, guepun bangkit dan mulai mencari pekerjaan, setidaknya buat kehidupan gue saat ini. Ingat sekali, pekerjaan pertama gue sebagai karyawan di salah satu minimarket yang sedang hits banget di Jakarta. Malu? sedikit. Karena pekerjaan ini berbanding terbalik dengan ijazah sekolah gue. Namun gue langsung ingat banget sama pesan dari guru gue, beliau pernah bilang: "Jangan selalu melihat ijazah tapi lihatlah kesempatan kamu ada dimana."


Sampai akhirnya gue bertemu dengan salah satu teman gue yang sedang kuliah dan dia bilang: "Oh lo mau kuliah lagi? Kuliah di kampus gue aja. Di sana waktu kuliahnya bisa diatur, jadi gak bakalan bikin ribet kerjaan lo" dan tanpa pikir panjang, guepun mendaftar, tanpa bertanya masalah akreditasi kampus dan jurusannya apa wkwk

Waktu awal kuliah, gue masih menikmatinya, namanya juga baru memasuki dunia baru. Dan, pelajaran semester awal hanya mengulang pelajaran dimasa sekolah saja yekan. Ketika sedang menikmati kerja sambil kuliah, guepun mendapatkan tawaran pekerjaan di salah satu badan usaha milik negara, tergiur? YAIYALAH CONG, SIAPA COBA DI SINI YANG ENGGAK MAU KERJA DI BUMN? Oke, keep calm, ky.


Sayangnya, gue hanya tergiur dengan BUMN semata, tidak tahu kalau dunia kerja itu ada yang namanya outsourcing, dan gue terjebak di sistem outsourcing tersebut. Sedih? Sedihlah kalau diceritain mah.

Sejak saat itu, gue enggak pernah lagi tergiur dengan pekerjaan yang berada dilingkungan BUMN ataupun sejenisnya. Iya, karena passion gue bukan di sana. Meskipun sekarang gue berstatus katanya, sih, karyawan tetap di salah satu anak perusahaan BUMN tersebut.

Gue hanya mau memberitahu, kalian jangan pernah tergiur dengan nama besar perusahaan. Karena nama besar belum tentu sebanding dengan salary yang besar, ataupun pekerjaan yang memang kalian cintai dengan besar pula. Karena lebih asyik dengan mencintai pekerjaannya bukan perusahaannya.

Dan, jangan patah semangat juga, karena kalian hanya lulusan dari kampus yang belum terkenal. Percayalah, bila kalian mempunyai kemauan dan kemampuan, akan banyak perusahaan besar yang akan mendatangi kalian. Sepengalaman gue yang akhir-akhir ini sering di undang interview kerja pun, jarang banget user yang bertanya gue kuliah dimana, mereka selalu bertanya kemampuan gue apa. Sekian dan terima info lowongan kerja.

4 comments:

  1. Lo mulai banting setir ke blog curhat-motivasi, Ky? Tos dulu dong kita! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahhahahahahha bisa jadi, Fir. Tos, deh! :D

      Delete
  2. Mau selamatin dulu (lagi) ah.. Selamat udah lulus kuliah dengan biaya sendiri! Bangga sama kamu! *berasa emaknya ka Oky, :D*
    Cara nulisnya udah kayak di koran yakan... hahaha. Eiya lho, temen juga ada yg kerjanya di tempat berlantai berapa gitu, bergensi lha pokoknya tapi gaji masih rata2 aja sih ga wow gitu. Makasih lho motivasinya, *sungkem*

    ReplyDelete
  3. Wah selamat ya!!! Jurusan apa nih skrg?

    Kl tebak2 buah manggis, secara km ksh link: Baca Juga: 5 Kelakuan Pengguna Jalan Tol yang Aneh, berarti skrg kerja di JSMR ya?

    Lolsss ...

    Sakses ya, kakaaak ;-)

    ReplyDelete