5 Tahapan Dalam Mencari Pekerjaan

MAU CERITA - "Duh, gagal dapat panggilan kerja lagi karena akreditasi kampus yang tidak sesuai kriteria perusahannya!" pernyataan ini lagi sering banget gue lihat di timeline Social Media gue. Gue, sih, maklum, karena gue dan teman-teman gue baru lulus kuliah, jadi masih pusing-pusingnya mencari pekerjaan yang cocok untuk berkarir.

Singkat cerita, gue lulus kuliah bulan Desember 2015, dan mulai mencari pekerjaan baru disekitar bulan Januari 2016. Karena awalnya gue berniat mencari pekerjaan baru dengan ijazah baru itu sehabis lebaran, maklum, gue masih mau THR dari kantor sekarang wkwkw

Pada postingan kali ini, gue gak mau banyak basa-basi di awal. Karena gue hanya mau bercerita tentang tahapan gue saat mau melamar pekerjaan ke beberapa perusahaan. Dan, gue akan bercerita semuanya, dari tahapan mengirim CV, interview, dan segala jenisnya.

1. Mulai Mencari Jenis Pekerjaan yang Sesuai Dengan Minat dan Bakat Kamu.
Gue pribadi, sih, tipikal orang yang mencari pekerjaan bukan karena perusahannya, tapi karena kesempataannya. Makanya, sebelum kalian melamar suatu pekerjaan. Alangkah baiknya kalian mencari tahu terlebih dahulu minat kalian ada dimana, sekalipun minat kalian berbanding terbalik dengan jurusan kalian, cuek saja! Selingkuh dari jurusan tidak dosa yekan?

2. Menjalin Pertemanan Dengan Siapa Saja, Siapa Tahu Ada Info Lowongan Pekerjaan yang Cocok Sama Kamu di Kantornya Mereka.
Selain itu, punya banyak teman akan ada untungnya, lho. Karena pastinya mereka sudah kenal sama kalian, jadi mereka akan memberikan info lowongan pekerjan kepada kalian terlebih dahulu dibandingkan kepada orang lain.

3. Menyebar CV ke Semua Perusahaan yang Membuka Lowongan Pekerjaan Sesuai Dengan Minat dan Bakat Kamu.
Sebagai fresh graduated, guepun suka kesal kalau ada info lowongan pekerjaan yang menuliskan "berpengalaman minimal 1 tahun" tapi terkadang gue akan tetap mengirimnya. Siapa tahu jodoh. Namun, gue gak akan berharap banyak, karena dari awal gue tidak masuk di kualifikasi mereka. Meski begitu, masih suka ada yang memanggil untuk diundang interview kok, hehe.

Bukan hanya yang berpengalaman dalam bidangnya, terkadang juga perusahaan menginginkan karyawan yang berasal dari Universitas negeri ataupun dari Universitas swasta. Tapi dengan syarat kalau Universitas swasta tersebut sudah mempunyai nama, atau dengan kata lain, Universitas tersebut berakreditasi A atau minimal B.

Kalau sudah begitu, bagaimana nasib fresh graduated yang lulusan dari kampus dengan akreditasi C? Tenang saja, perusahaan di Indonesia bukan hanya satu. Ada banyak, ribuan malah, lihat saja dengan banyaknya gedung pencakar langit di Jakarta khususnya. Bisa juga kalian tetap mengirim lamaran ke perusahaan itu. Dengan syarat jangan baper dan nothing to lose saja, kalau jodoh tidak kemana. Lagian yang melamar ke perusahaan tersebut kan bukan cuma 1 orang. Yekan?

Ibaratnya kalian sedang mengejar seseorang yang sudah mempunyai pasangan, kan saingannya hanya satu orang, yaitu: pasangannya. Sedangkan bila kalian sedang mengejar seseorang yang belum mempunyai pasangan, saingan kalian banyak. Ini perumpamaan macam apa coba wkwk

4. Datang Tepat Waktu Pada Saat Mau Interview Kerja.
Setelah mengirim CV ke berbagai perusahaan, tahapan selanjutnya yang kalian mau pastinya diundang buat interview kerja, yekan? Karena pada tahapan ini, user dapat melihat kalian secara nyata, bukan lagi berbentuk CV. Maka persiapkan diri kalian sebaik mungkin, dan datang tepat waktu hukumnya sudah wajib, masa belum kerja saja kalian sudah terlambat, kan enggak lucu.

5. Berdoa, Semoga Sang Pencipta Memberikan Pilihan Pekerjaan yang Terbaik.
Terakhir, perbanyak doa kepada sang pencipta, menurut keyakinan dan kepercayaan masing-masing, ya. Agar kalian dapat diberikan pilihan yang terbaik dari yang baik. Karena pekerjaan sejatinya bukan untuk hari ini, tapi buat hari esok, dan seterusnya.

Cukup segini saja untuk kesotoyan gue hari ini, sampai bertemu lagi dikesotoyan gue pada selanjutnya, ya. Sekian dan terima info lowongan pekerjaan.

PS: Semua foto gue ambil dari pixabay.

2 comments:

  1. wakakkakaka.
    foto terakhir nyebelin.
    oke gagal fokus!
    bhay.

    ReplyDelete
  2. nomor 2 yang paling saya sukai, dari banyaknya teman pasti tercipta pula banyak kesempatan dan koneksi, ya jadinya informasi apapun akan lebih cepat sampai ke kita.. Betul kan? :)

    ReplyDelete